Ditahan Turki di Laga Uji Coba, Spalletti Sebut Italia Masih Dalam Proses

JAKARTA - Italia gagal mencetak gol dan hanya mampu bermain imbang 0-0 dalam laga uji coba melawan Turki di Stadion Renato Dall'Ara, Bologna, Rabu, 5 Juni 2024 dini hari WIB. Pelatih Luciano Spalletti menyebut Gianluca Mancini dkk masih dalam proses sebelum berlaga di Euro 2024.

Italia sudah kehilangan sejumlah pemain, Francesco Acerbi, Giorgio Scalvini, Nicolo Zaniolo dan Destiny Udogie, yang mengalami cedera sebelum laga uji coba. Mereka dipastikan absen tampil di Piala Eropa karena tak bisa pulih dlam waktu dekat itu.

Spalletti juga tak menurunkan skuat terbaik saat menghadapi Turki. Para pemain pilar baru bermain di babak kedua. Meski demikian mereka tetap tak bisa membobol gawang Turki.

Di laga itu, Turki yang ditangani eks striker timnas Italia Vincenzo Mntella menurunkan gelandang Inter Milan Hakan Calhanoglu dan bintang muda Juventus Kenan Yildiz.

Laga tersebut menjadi ajang pematangan tim sekaligus menyeleksi pemain yang akan dibawa ke Jerman. Hanya saja, Spalletti mengakui tim masih kurang tajam sehingga mereka tak bisa memanfaatkan peluang untuk mencetak gol.

"Kami masih kurang tajam dan tak konsisten. Tetapi dalam beberapa momen, tim mampu melakukan tekanan dan berupaya mencetak gol. Hanya saja ini memang laga klasik saat Anda memulai proses sampai akhirnya tim memenuhi harapan," kata Spalletti.

Italia sesungguhnya menguasai permainan dan menciptakan sejumlah peluang. Namun semua peluang gagal dikonversi menjadi gol.

Termasuk sundulan Bryan Cristante yang menyambut sepak pojok Lorenzo Pellegrini. Sayangnya sundulan dia hanya membentur tiang gawang.

"Kami tetap mampu memberi tekanan dengan sangat baik. Tetapi kami juga kerap gampang kehilangan bola," ucapnya.

Mantan pelatih Napoli ini menyatakan laga itu tetap membantu dirinya memutuskan siapa yang dicoret untuk memenuhi kuota 26 pemain di Euro 2024. Meski demikian masih ada satu pertandingan lagi.

"Masih ada satu pertandingan lagi sebelum mengambil keputusan. Jadi, kami harus memanfaatkannya dengan baik. Belum saatnya untuk mengatakan siapa yang akan bertahan sebelum laga berikutnya," kata Spalletti.

Italia akan melakoni uji coba berikutnya melawan Bosnia Herzegovina di Stadion Carlo Castellani – Computer Gross Arena, Empoli, Senin, 10 Juni 2024 dini hari WIB.

Usa dua laga uji coba itu, Gli Azzurri fokus di Euro 2024. Mereka mengawali pertarungan mempertahankan titel juara dengan menghadapi Albania, 15 Juni 2024. Selanjutnya, Italia bertemu Spanyol dan Kroasia.