JAKARTA – Tidak semua pengguna ponsel, khususnya iPhone, menggunakan Wi-Fi selama berada di rumah. Banyak yang menggunakan data seluler dan mereka harus menghemat penggunaan data setiap bulannya.

Jika Anda merasakan hal yang serupa, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar penggunaan data seluler di iPhone Anda tidak boros, mulai dari mengaktifkan mode data rendah hingga mengurangi resolusi. Berikut ini beberapa tipsnya, dilansir dari Makeuseof.

Aktifkan Mode Data Rendah

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan fitur yang disebut Mode Data Rendah. Saat diaktifkan, penggunaan jaringan akan dibatasi secara otomatis sehingga aplikasi yang berjalan tidak mengambil data secara berlebihan.

Untuk mengaktifkan mode ini, pengguna hanya perlu membuat Pengaturan, mengeklik menu Seluler, lalu pilih Opsi Data Seluler. Setelah itu, klik toggle button di opsi Mode Data Rendah hingga tombolnya berubah menjadi warna hijau.

Kurangi Resolusi Streaming

Saat ini, kebanyakan aplikasi streaming telah mendukung resolusi 1080p ke atas, seperti aplikasi YouTube, Prime Video, Netflix, dan masih banyak lagi. Untuk menghemat penggunaan data seluler, pastikan untuk tidak menggunakan resolusi yang tinggi selama streaming.

Dibandingkan dengan menggunakan resolusi 720p, Anda bisa melakukan streaming dalam resolusi 360p atau 480p untuk mengurangi penggunaan data seluler di iPhone Anda. Meski tampilannya tidak sebaik resolusi yang lebih tinggi, Anda tetap bisa menonton dengan jelas.

Kurangi Penggunaan Media Sosial

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengurangi penggunaan media sosial. Meskipun Anda menggunakannya untuk bertukar pesan, media sosial penuh dengan media seperti GIF, gambar, atau bahkan video.

Jika melihat tiga jenis media ini, media sosial membutuhkan lebih banyak data seluler. Oleh karena itu, penggunaan media sosial perlu dikurangi. Anda masih bisa menggunakan media sosial jika pemutaran video otomatis sudah dimatikan. 


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)