JAKARTA - Arsenal membidik lebih banyak poin dibandingkan musim lalu saat mengarungi kompetisi Premier League Inggris. Komitmen itu ditegaskan saat makan malam tim usai gagal memenangi trofi liga. Bagaimana dengan laga pertama Arsenal saat menjamu Wolverhampton Wanderers di Stadion Emirates, Sabtu, 17 Agustus 2024 malam WIB?

Musim lalu, Arsenal menutup kompetisi dengan kemenangan 2-1 atas Everton. Namun kemenangan itu tak berarti karena Manchester City yang tampil sebagai juara setelah menaklukkan West Ham United 3-1.

Saat Man City merayakan pesta juara, semua anggota tim Arsenal makan malam bersama usai pertandingan. Pertemuan lewat jamuan makan malam itu turut dihadiri pemilik klub, Josh Kroenke. Keluarga pemain dan staf kepelatihan juga hadir dalam jamuan itu.

Suasana agak suram karena Arsenal kembali gagal meraih titel liga untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Mereka juga nyaris juara tetapi Man City selalu bisa merebut posisi puncak di tikungan terakhir. Artinya saat memasuki pekan-pekan kritis, The Cityzens mampu mempertahankan performa sehingga tetap bisa meraih tiga poin. Sebaliknya, Arsenal seperti hilang fokus dan kehilangan banyak poin kritis.

Meski dilanda kesedihan, namun semua pemain tetap tegar. Manajer Mikel Arteta membeberkan suasana jamuan makan malam itu yang menyatukan pemain untuk berkomitmen lebih baik lagi di musim depan.

"Kami berkumpul bersama. Semua staf klub dan pemain. Mereka berkata, 'Kami akan berusaha lebih baik lagi. Kami akan melakukannya. Kami ingin lebih.' Mereka mengungkapkan keinginan meraih ambisi lebih besar," ujar Arteta kepada Telegraph Sport.

"Semua mengatakan hal yang sama. Mereka menyatakan tidak akan berhenti di sini dan ingin lebih. Kami tahu kami bisa melakukannya," ucap dia lagi.

Musim lalu, Arsenal meraih poin 89 dan terpaut dua poin dengan Man City yang tampil sebagai juara Liga Inggris untuk keempat kalinya berturut-turut. Mereka juga mencetak lebih banyak gol dan kebobolan lebih sedikit dibandingkan musim sebelumnya.

Saat memasuki musim baru, Arteta menargetkan The Gunners harus bisa meraih lebih banyak poin. Menurut dia hanya itu yang harus dilakukan demi meraih trofi Liga Premier untuk kali pertama sejak 2004.

"Ciptakan lebih banyak rekor lagi dan raih lebih banyak poin," kata Arteta saat ditanya soal peluang menjadi juara liga.

"Bila capaiannya seperti musim lalu, itu masih belum cukup. Dengan level kompetisi yang kami jalani dan setiap musim persaingan bertambah ketat, kami harus meningkatkan kemampuan," ucapnya.

Arsenal mengawali pertarungan di kompetisi domestik dengan menghadapi Wolves. Di laga itu, bek Riccardo Calafiori yang direkrut untuk memperkuat sektor pertahanan akan melakukan debut. Namun dia bakal mengawaliya dengan duduk di bench.

Demikian pula full back Jurrien Timber yang absen selama hampir satu karena cedera lutut. Sedangkan bintang timnas Jepang Takehiro Tomiyasu dan Kieran Tierney bakal absen.

Kiper David Raya melakoni laga pertama sejak dikontrak secara permanen oleh Arsenal. Arteta tak melakukan banyak perubahan. Di lini depan Kai Havertz akan bahu-membahu dengan Bukayo Saka dan Gabriel Martinelli.

Sementara, Wolves sudah pasti berubah dengan kepergian pemain pilar Pedro Neto ke Chelsea. Sedangkan bek Max Kilman bergabung dengan West Ham United.

"Kami memang sudah tahu bila Max dan Pedro bakal pergi di bursa transfer ini. Kami berusaha mendapatkan siapa yang paling tepat menggantikan mereka," ucap manajer Gary O'Neil.

"Saya fokus pada pemain yang ada. Saya akan memberikan kesempatan terbaik kepada pemain untuk menunjukkan kemampuannya," kata dia lagi.

Prakiraan Susunan Pemain

Arsenal (4-3-3): Raya; White, Saliba, Gabriel, Zinchenko; Odegaard, Partey, Rice; Saka, Havertz, Martinelli

Wolverhampton Wanderers (4-4-2):

Sa; Doherty, Mosquera, Toti, Ait-Nouri; Sarabia, Lemina, Gomes, Podence; Cunha, Hwang


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)