BANDUNG - Persib Bandung sukses mengemas tiga poin di laga perdana fase grup Piala Presiden 2024. Kemenangan 2-0 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, tak lepas dari gol Ciro Alves dan aksi bunuh diri Nermin Haljeta.

Persib Bandung tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencuri perhatian di depan pendukung sendiri. Pada menit awal mereka langsung menekan pertahanan PSM Makassar.

Pada menit ketiga umpan silang Febri Hariyadi mampu membuat pertahanan tim lawan ketar-ketir. Upaya pembuka skor ini nyaris berhasil, tapi penjaga gawang PSM, Hilman Syah, keluar dari sarangnya untuk melakukan penyelamatan.

Serangan pertama tuan rumah yang mengkhawatirkan tim tamu tak berhenti sampai di situ. Tiga menit berselang, David Da Silva membobol gawang PSM setelah lolos dari kawalan, tapi golnya dianulir karena offside.

Setelah gol pembuka Maung Bandung dianulir, situasi ini justru membuat para penggawa tuan rumah semakin bersemangat. Sejumlah upaya membobol gawang kembali tercipta, tapi belum juga berbuah manis.

Barulah pada menit ke-15 kebuntuan benar-benar pecah. Persib Bandung berhasil membuka angka 1-0 setelah sontekan Ciro Alves tak bisa dibendung penjaga gawang PSM Makassar.

Tertinggal satu angka, PSM berusaha mengejar ketertinggalan. Pada menit ke-22 peluang emas PSM tercipta.

Lewat sundulan Latyr Fall usai memanfaatkan umpan tendangan bebas Dzaky Asraf, angka nyaris saja imbang. Namun, upaya itu masih bisa ditepis penjaga gawang Persib, Teja Paku Alam.

Alih-alih bisa mengejar ketertinggalan, PSM Malah semakin terpuruk. Persib mampu menggandakan angka menjadi 2-0. Gol kedua Persib Bandung kali ini terjadi karena kesalahan pemain PSM Makassar. 

Pada menit ke-42, Nermin Haljeta malah mencetak gol bunuh diri saat berupaya menyapu tembakan Marc Klok yang justru mengarah ke gawang sendiri dan skor unggul Persib ini bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, giliran PSM Makassar yang berupaya memecah kebuntuan mereka. Tiga menit berjalan, satu peluang terbuka lewat tembakan Victor Dethan mengancam, tapi masih sedikit melenceng ke sisi kiri gawang Persib.

Selepas itu, PSM terus menggempur pertahanan Persib Bandung. Banyak peluang emas yang mestinya bisa jadi angka. Namun, permainan yang kurang rapi dalam penyelesaian akhir membuat peluang terbuang.

Pada menit ke-72 Persib nyaris mencetak gol ketiga lewat tembakan Edo Febriansah. Namun, tendangan jarak dekatnya masih sedikit melenceng ke sisi kiri gawang PSM dan peluang terbuang.

Beberapa menit berlalu, PSM menemukan celah pada menit ke-79 lewat tendangan melengkung dan akurat dari Ricky Pratama. Namun, ancaman itu lagi-lagi masih bisa ditepis Teja Paku Alam.

Hingga 90 menit waktu normal berjalan, keunggulan Persib Bandung masih belum bisa dikejar PSM Makassar. Wasit kemudian memberikan injury time enam menit.

Pada momen ini PSM dapat peluang emas lewat Yuran Fernandes tepatnya menit ke90+5. Sayangnya, tembakan Yuran masih melambung di atas mistar gawan Persib yang sudah ditinggalkan Teja Paku Alam.

Skor 2-0 untuk Persib bertahan hingga laga tuntas. Maung Bandung sukses mengamankan tiga poin di laga perdana grup.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)