JAKARTA - Austria vs Turki jadi duel dua kuda hitam di Euro 2024. Keduanya bentrok pada babak 16 besar yang akan berlangsung di Stadion Red Bull Arena Leipzig, pada Rabu, 3 Juli 2024, pukul 02.00 WIB.

Keduanya melaju ke babak 16 besar setelah laga menegangkan pada partai terakhir fase grup. Austria menang dramatis melawan Belanda (3-2) di Grup D, sementara Turki menghajar Republik Ceska 2-1 di Grup F.

Hasil itu membuat tim besutan Ralf Rangnick lolos dengan status sebagai juara Grup D. Mereka diikuti oleh Perancis di tempat kedua dan Belanda di posisi ketiga yang lolos ke fase gugur lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Ini merupakan sebuah pencapaian mengesankan bagi Austria. Pasalnya, mereka sebelumnya pernah gagal lolos dari fase grup pada dua edisi Euro pertama mereka.

Pertama kali ketika bertindak sebagai tuan rumah bersama Swiss pada 2008 lalu serta satu lainnya delapan tahun kemudian ketika Euro diselenggarakan di Perancis pada 2016.

Meski demikian, ini adalah fase gugur keempat buat Das Team di turnamen besar. Mereka sebelumnya pernah ke babak gugur pada Piala Dunia 1934 dan 1954 serta Euro 2020.

Hasil terakhir melawan Belanda menunjukkan Austria siap untuk membuat terobosan baru di turnamen ini, terutama mencapai perempat final Euro pertama kali dalam sejarah mereka.

Mereka terlihat semakin meyakinkan karena telah memenangi 14 dari 19 pertandingan terakhir. Dalam rentang waktu tersebut, Austria bahkan tercatat hanya menelan dua kekalahan.

Sejak Rangnick mengambil alih tim pada Juni 2022, hanya tiga negara Eropa, yakni Portugal, Belanda, dan Spanyol, yang dapat membanggakan persentase kemenangan lebih tinggi.

Dalam bentrok terbaru melawan Turki, Austria juga tercatat menang besar 6-1 pada Maret 2024. Namun, dalam pertandingan kompetitif, Turki tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir.

Statistik itu didukung oleh catatan clean-sheet di setiap kesempatan. Meski demikian, ini menjadi pertemuan pertama mereka sejak hasil imbang 0-0 di Kualifikasi Euro 2012.

Duel Austria vs Turki menjadi ajang untuk mencari siapa kuda hitam terbaik di Euro 2024. Keduanya di luar dugaan menyulitkan tim-tim unggulan di fase grup.

Prakiraan Formasi

Austria (4-2-3-1): Pentz; Posch, Danso, Lienhart, Mwene; Seiwald, Grillitsch; Schmid, Baumgartner, Sabitzer; Arnautovic

Turki (4-2-3-1): Gunok; Muldur, Demiral, Bardakci, Kadioglu; Yuksek, Yokuslu; Kahveci, Guler, Yildiz; Yilmaz


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)