JAKARTA - Pelatih Italia Luciano Spalletti membeberkan di balik larangan bermain PlayStation (PS). Spalletti memastikan dirinya tak keberatan pemain bermain PS selama Euro 2024.

Spalletti melakukan klarifikasi saat dirinya mengritik pemain timnas yang gemar bermain PS. Kegemaran itu membuat pemain tidur larut malam yang menjadikan mereka tidak memiliki waktu cukup untuk beristirahat.

Ini memunculkan pertanyaan apakah Spalletti memberlakukan larangan pemain membawa PS selama berada di Jerman untuk mempertahankan gelar juara di Piala Eropa. Bila kebiasaan bermain PS sampai malam jelas mengganggu konsentrasi pemain.

Spalletti menjelaskan tidak ada larangan pemain membawa dan bermain PS. Bahkan markas tim di Jerman disediakan fasilitas sejumlah game konsol. Tak hanya itu, Spalletti sendiri pun ternyata kerap memainkannya di kala senggang.

"Kadang saya menyesal saat berkomentar tentang hal yang seharusnya tak perlu saya katakan. Saya sebetulnya hanya bermaksud mengatakan pemain harus mendapat istirahat yang cukup saat malam hari," kata Spalletti.

"Saya tak pernah mengizinkan pemain begadang sampai larut malam sehingga mereka tak punya waktu istirahat cukup saat latihan. Itu saja," ucapnya.

Spalletti memastikan dirinya tidak melarang pemain bermain PS. Hanya aja, dia tak mengizinkan mereka tidur sampai larut malam.

"Kami menyediakan ruangan game bermain dengan dua PS. Saya pun sering memainkannya. Tetapi bila ingin bermain PS, waktunya harus tepat," kata dia lagi.

"Apakah bisa dikatakan tepat bila bermain PS hingga pukul 3 atau 4 dini hari? Atau apakah Anda bisa tidur lebih nyenyak tanpa PS? Dokter dan psikolog akan mengatakan hal yang sama," ujarnya.

"Saya tidak mengatakan pemain tidak boleh bermain PS. Tetapi Anda tidak bisa terus bermain sampai dini hari," kata eks pelatih Napoli ini.

Hal senada dikatakan kiper Gianluigi Donnarumma. Menurut kapten Gli Azzurri ini pemain bisa menghabiskan waktu bersenang-senang dengan bermain PS.

Tetapi mereka harus tahu waktu dan mengatur waktu kapan bermain PS dan kapan menghentikannya.

"Yang penting adalah keseimbangan. Saat berada di ruangan, Anda bisa bermain game. Tetapi yang penting jangan sampai tidur telat," kata Donnarumma.

"Usai malam malam, kami biasanya bersama-sama di ruang game. Jadi kami bersenang-senang saja. Pelatih hanya memberi aturan atau peringatan tetapi tidak ketat. Jadi kami bisa menikmati kebersamaan," ujar kiper Paris Saint-Germain ini.

Italia melakoni laga pertama Grup B dengan menghadapi Albania di Stadion BVB, Dortmund, Minggu, 16 Juni 2024 dini hari WIB. Selanjutnya, mereka bertemu Spanyol dan Kroasia.

Spalletti akan memakai skema 4-2-3-1 saat menghadapi Albania. Pasalnya, tim lawan akan memainkan satu ujung tombak. Spalletti lebih suka menempatkan empat bek saat menghadapi satu penyerang.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)