JAKARTA - Liverpool bertemu Atalanta di babak perempat final Liga Europa. Sedangkan duel sesama tim Serie A Italia tersaji saat AC Milan berhadapan dengan AS Roma.

Hasil drawing yan digelar di markas UEFA di Nyon, Swiss, Jumat, 15 Maret 024 malam WIB, menempatkan Liverpool dan Bayer Leverkusen sebagai tim unggulan.

Bila berjalan sesuai skenario, artinya kedua tim itu menyingkirkan lawan-lawannya sampai menuju puncak, maka laga final mempertemukan Liverpool dan Leverkusen di Stadion Aviva, Dublin, 22 Mei 2024.

Liverpool yang menyingkirkan Sparta Praha dengan agregat 11-2 bertemu lawan kuat, Atalanta. Manajer Jurgen Klopp menuturkan bila Atalanta merupakan tim yang sudah lama terbentuk dengan pelatih yang sama pula Gian Piero Gasperini.

"Kami menghadapi lawan yang sulit, Atalanta. Ini bukan berarti saya harus menyaksikan pertandingan mereka sampai 500 kali. Tetapi yang jelas, kami menghadapi tim dengan pelatih yang sama dan struktur tim yang nyaris tak berubah selama bertahun-tahun," ujar Klopp.

"Pertandingan melawan mereka benar-benar tidak nyaman karena kami menghadapi tim yang memiliki organisasi permainan sangat bagus," kata dia lagi.

"Hanya di babak perempat final, saya memang tak berharap lebih. Semua tim yang lolos bukan lawan yang gampang," ucapnya.

Sementara, tim-tim Italia tidak bisa menghindari bakal bertemu di antara mereka di delapan besar. Pasalnya ada tiga wakil Serie A Italia yang lolos ke perempat final.

Bila Atalanta terhindar dari pertemuan itu karena berhadapan dengan Liverpool, sebaliknya Milan yang memburu trofi Liga Europa untuk kali pertama bertemu Roma. Musim lalu, Roma yang masih ditangani Jose Mourinho menjadi finalis sebelum dikalahkan Sevilla.

"Setidaknya kami bertemu Roma di kompetisi yang berbeda. Dengan tiga tim Italia yang lolos ke perempat final, kami sudah memperkirakan risikonya ini akan terjadi [pertemuan tim-tim Serie A Italia]," ujar Daniele Massaro, mantan striker Milan dan Roma yang kini menjadi duta brand Milan.

"Kami akan melakoni pertandingan lain d kompetisi internasional. Hanya tim terbaik yang akan bertahan sampai akhir," ucapnya.

Roma sendiri sudah tampil beda. Mourinho digantikan Daniele De Rossi yang sukses memoles Giallorossi. De Rossi, sang ikon klub yang juga pangeran Roma ini membawa tim meraih enam kemenangan dari delapan pertandingan liga.

Roma yang kini menduduki peringkat lima pun membidik tiket ke Liga Champions. Dengan memiliki poin 48, mereka hanya terpaut tiga poin dengan Bologna yang menduduki peringkat empat.

Namun Roma memiliki jalur lain menuju Liga Champions. Syaratnya, l Lupi harus bisa menjadi juara Liga Europa sehingga mendapat jatah otomatis ke kompetisi kasta tertinggi Eropa.

Pemenang duel sesama Italia ini akan bertemu Leverkusen atau West Ham United di semifinal. Leverkusen nyaris dipermalukan kuda hitam Qarabag sebelum diselamatkan striker Patrik Schick yang mencetak dua gol di injury time.

Di laga kedua babak 16 besar ini, Leverkusen menang 3-2. Mereka pun unggul agregat 5-4. West Ham sendiri menghancurkan Freiburg 5-0 di laga kedua. Ini menjadikan The Hammers unggul agregat 5-1.

Leverkusen yang ditangani Xabi Alonso masih memegang rekor tak terkalahkan pada 37 pertandingan di berbagai kompetisi. Tim yang saat ini bertengger di puncak klasemen juga berpeluang meraih titel Bundesliga.

Pada drawing lain, Benfica bertemu Olympique Marseille. Pemenang dari laga itu bakal menghadapi Liverpool atau Atalanta.

Hasil drawing perempat final Liga Europa

AC Milan vs AS Roma

Liverpool vs Atalanta

Bayer Leverkusen vs West Ham United

Benfica vs Olympique de Marseille

Tim yang disebut pertama menjad tuan rumah pada laga pertama

Laga pertama: 11 April 2024

Laga kedua: 18 April 2024

Semifinal

Benfica/Marseille vs Liverpool/Atalanta

AC Milan/Roma vs Bayer Leverkusen/West Ham

Laga pertama: 2 Mei

Laga kedua: 9 Mei 2024

FINAL

Stadion Aviva, Dublin, 22 Mei 2024


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)