JAKARTA - Manchester City nyaris tumbang di kandang sebelum bermain imbang 1-1 melawan Chelsea dalam laga Premier League Inggris di Stadion Etihad, Minggu, 18 Februari 2024 dini hari WIB. Pemain tengah Rodri menjadi penyelamat Man City.

Raheem Sterling, eks pemain depan Man City, tak memberi ampun kepada mantan klub. Dirinya membuktikan masih bertaji dengan membobol gawang Ederson di menit 42.

Gol berawal dari sebuah serangan balik dan diakhiri Nicolas Jackson yang kemudian melepakan umpan kepada Sterling. Pemain tim nasional Inggris ini menunjukkan aksinya melewati bek Kyle Walker dan kemudian melepaskan bola lambung melewati Ederson.

Beruntung bagi Man City yang nyaris dipermalukan Sterling. Tuan rumah berhasil lolos dari kekalahan setelah Rodri memecah kebuntuan.

Ya, The Cityzens butuh gol dari gelandang bertahan untuk menyelamatkan mereka dari kekalahan. Pasalnya deretan pemain depan Man City selalu menemui kebuntuan

Bahkan mesin gol andalan Erling Haaland gagal menunjukkan kebolehannya membobol gawang lawan.

Dirinya melepaskan tidak kurang sembilan tendangan ke gawang. Namun tak ada satu pun tendangan dari top skor liga dengan 16 gol ini yang membuahkan hasil.

Termasuk sundulan dari jarak dekat Haaland yang hanya melambung tipis di atas mistar gawang. Penyerang timnas Norwegia ini sampai menutup wajahnya seakan tak percaya gagal mengonversi peluang emas itu.

Setelah frustrasi karena tidak sedikit peluang yang nyaris menjadi gol itu, Rodri akhirnya tampil sebagai penyelamat dengan memecah kebuntuan di menit 83.

Bahkan sebelum gol Rodri, Man City berpeluang mencetak gol lewat sepakan Walker yang masih bisa diblok.

Selanjutnya Rodri yang memanfaatkan peluang dengan melepaskan tendangan ke gawang. Bola sempat mengenai bek Trevor Chalobah sebelum meluncur ke gawang. Skor berubah 1-1 yang bertahan sampai akhir laga.

Di pertandingan itu, pasukan Pep Guardiola melepaskan tidak kurang 31 tendangan ke gawang. Namun hanya lima yang mencapai sasaran. Sedangkan Chelsea hanya sembilan kali melakukan.

"Kami bermain buruk di babak pertama. Kami pun kebobolan lewat gol yang sangat gampang," kata Rodri.

"Kami tahu mereka memang sangat bagus saat melakukan serangan baik. Pasalnya mereka punya banyak pemain yang cepat. Tetapi kami sesungguhya mampu bertahan dengan baik untuk menghadapi serangan balik," ujarnya.

Rodri menuturkan Man City bermain lebih baik di babak kedua. Meski demikian, Man City tetap mengalami kesulitan sampai akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada paruh kedua babak kedua.

"Kami bertahan lebih baik di babak kedua dengan spirit yang lebih baik pula. Kami harus berani mengambil risiko dan harus lebih berani," ucap gelandang timnas Spanyol ini.

Sementara, gelandang Chelsea Conor Gallagher menuturan bila tim bermain sangat bagus. Strategi serangan baik The Blues bisa membuahkan hasil dan mereka pun bertahan dengan sanga baik.

"Serangan balik kami berhasil dengan baik. Meski akhirnya kemasukan tetapi ini hasil yang pantas," kata Gallagher.

"Kami bermain brilian dan sangat fokus dalam pertahanan. Harus diakui kami mengalami kelelahan, tetapi kami senang dengan penampilan kami," ucapnya.

Hasil imbang itu menjadikan Man City masih mencatat rekor tak terkalahkan selama sembilan pertandingan terakhir di liga. Mereka juga terhindar dari kekalahan di kandang pertama selama 15 bulan terakhir.

Hanya saja, Man City gagal memperbaiki posisinya. Dengan memiliki poin 53, mereka masih tertinggal dua poin dari Arsenal yang berhasil merebut posisi kedua setelah menghajar Burnley 5-0. Man City terpaksa turun ke peringkat tiga meski menyimpan satu pertandingan sisa.

Sementara, Liverpool bertengger di puncak klasemen dengan dengan mengantungi poin 57. Unggul empat poin dari Man City.

Chelsea sendiri masih berkutat di papan tengah. Meski berambisi masuk empat besar, namun tim asuhan Mauricio Pochettino tertahan di peringkat 10 dengan mendapatkan 35 poin. Perolehan poin itu sama dengan Brighton and Hove Albion dan Wolverhampton Wanderers.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)