JEMBER - Robot Lahbako San beratraksi di hadapan wisudawan Universitas Jember (Unej) dalam upacara wisuda periode 4 tahun akademik 2024/2025 yang diselenggarakan di gedung auditorium kampus setempat di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

"Upacara wisuda kali ini tidak hanya diwarnai dengan momen kebahagiaan para wisudawan, namun juga terdapat penampilan istimewa dari aksi robot tim Lahbako San," kata Rektor Unej Iwan Taruna di kampus setempat.

Penampilan aksi robot dari tim Lahbako San mendapatkan sambutan hangat dari Rektor Unej dan para wisudawan karena yang ditampilkan merupakan aksi yang menarik dan dapat menghibur para wisudawan.

Robot tersebut dapat mengambil bibit padi dan menanam kembali ke zona penanaman padi serta dapat melakukan atraksi memindahkan bola dan melemparkannya.

Dalam sambutannya, Iwan berpesan kepada para wisudawan bahwasanya pendidikan karakter bagi para mahasiswa sangatlah penting karena di era informasi yang serba cepat, keberagaman serta perubahan nilai sosial maka pendidikan karakter menjadi sangat penting.

"Kejujuran, integritas, etika kerja dan rasa tanggung jawab adalah karakter yang akan membentuk wisudawan tidak hanya menjadi orang yang berhasil, tetapi juga menjadikan pribadi yang membawa perubahan positif di masyarakat," tuturnya.

Ia berharap ilmu pengetahuan yang sudah diperoleh di Unej harus terus dikembangkan, sehingga dapat menjadikan para wisudawan sebagai generasi pemimpin yang berikutnya mampu menghadapi berbagai tantangan pembangunan di masa depan.

Sementara Ketua Umum Robotika dari tim Lahbako San, Raihan Hartono merasa antusias dan senang saat menampilkan karya timnya karena penampilan robot itu membawa kesan positif bagi tim mereka ke depannya.

"Saya sekaligus mewakili tim merasakan kebanggaan yang besar karena mendapat kesempatan istimewa bagi tim untuk memperlihatkan hasil kerja keras dan inovasi mereka di bidang robotika kepada khalayak luas," katanya.

Ia mengatakan tim merasa bangga karena robot yang dikembangkan bukan hanya sebagai alat kompetisi, tetapi juga sebagai representasi dari prestasi dan dedikasi selama ini.

"Kami berharap ke depannya untuk tim Lahbako San terus meningkatkan kemampuan dan inovasi di bidang robotika. Kami berharap dapat mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi di kompetisi nasional maupun internasional ataupun mempertahankan gelar juara di tahun yang akan datang," ujarnya.

Selain itu, tim robotika juga berkeinginan untuk memperluas wawasan dan pengalaman anggotanya, serta memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung pengembangan teknologi robotika yang lebih maju.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)