3 Cara Praktis Atasi Tinta Printer Warna Hitam Tak Keluar
Cara mengatasi tinta printer warna hitam tidak keluar (freepik)

YOGYAKARTA - Pemilik printer terkadang mengeluhkan tinta warna yang tidak keluar. Masalah ini cukup sering terjadi selain warna yang tidak sesuai dan munculnya garis. Apalagi jika warna yang tidak muncul adalah warna hitam, tentunya bikin pusing sendiri. 

Mesin printer sampai saat ini masih dibutuhkan untuk mencetak dokumen atau berkas-berkas penting. Biasanya printer digunakan di kalangan mahasiswa untuk mengeprint tugas-tugas kuliah dan pekerja kantoran untuk mencetak dokumen kerja. 

Namun seiring pemakaian dan dalam kondisi tertentu, mesin printer seringkali mengalami gangguan. Misalnya warna tidak yang tidak mau keluar atau tidak menghasilkan cetakan sempurna ketika digunakan untuk ngeprint. Lantas bagaimana cara mengatasi tinta printer warna hitam tidak keluar supaya bisa kembali normal?

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

Tinta printer yang tidak keluar memang cukup merepotkan. Terlebih ketika Anda sedang ingin mencetak dokumen dan dalam kondisi urgent. Jika warna yang tidak muncul adalah merah atau biru, mungkin tidak terlalu jadi persoalan. Namun apabila warna hitam yang tidak keluar maka sangat memusingkan. 

Biasanya ketika ada error pada sistem tintanya, printer akan “memberikan sinyal” dengan nyala lampu notifikasi. Jadi jika Anda melihat lampu notifikasi menyala, sebaiknya segera cek dan memperbaikinya. Berikut ini beberapa cara mengatasi tinta printer tidak keluar yang bisa Anda praktikkan. 

Mengecek Level Tinta

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika tinta printer tidak keluar adalah dengan mengecek level tintanya. Caranya sangat mudah, yakni menghubungkan printer ke perangkat yang sudah diinstal driver printer. Berikut ini cara mengecek level tinta pada printer dilansir dari laman EPSON:

  1. Klik dua kali ikon pintasan atau shortcut printer yang terdapat di bilah tugas laptop atau komputer Anda. 
  2. Kemudian klik tab 'Maintenance', lalu pilih tombol 'EPSON Status Monitor 3'.
  3. Akan muncul jendela baru. Kemudian klik tombol 'Approximate Ink Levels'. Anda bisa melihat grafik yang menunjukkan perkiraan level tinta. Jadi kamu bisa tahu apakah printer butuh pengisian ulang tinta atau tidak.

Periksa Nozzle

Masalah tinta printer tidak keluar juga bisa disebabkan karena nozzle yang tersumbat. Anda perlu memeriksanya dengan menggunakan utilitas Nozzle Check, melalui langkah-langkah berikut ini: 

  1. Langkah pertama, masukkan kertas ke dalam printer. Kertas yang digunakan harus dalam kondisi bersih dan dipasang dengan posisi yang benar. 
  2. Kemudian buka aplikasi driver printer Epson di perangkat laptop atau komputer, lalu sambungkan printer dengan perangkat tersebut.
  3. Jika perangkat Anda memakai sistem operasi Windows, klik tab 'Maintenance' dan pilih 'Nozzle Check'. Sementara jika menggunakan macOS, silakan pilih 'Nozzle Check' yang muncul di halaman utama.

Gunakan Tools Cleaning dan Deep Cleaning

Cara lain yang  bisa Anda lakukan untuk mengatasi tinta printer tidak keluar adalah dengan memanfaatkan tools cleaning dan deep cleaning. Langkah ini bisa diaplikasikan di merek printer lain. Ikuti cara berikut ini untuk melakukannya:

  1. Silakan masuk menu Windows Computer, kemudian pilih Devices and Printers
  2. Selanjutnya klik Printing preference, lalu pilih menu cleaning dan deep cleaning untuk memproses pembersihan
  3. Ketika berjalan proses cleaning dan deep cleaning, berilah jeda sekitar 5 menit supaya head printer tidak panas. 
  4. Setelah proses pembersihan selesai, Anda bisa mengecek hasilnya dengan test print pada kertas hvs putih maupun HVS warna. 
  5. Apabila hasil cetakan masih terlihat garis-garis sama, sebaiknya ulangi langkah ini sebanyak 3 kali

Demikianlah beberapa cara mengatasi tinta printer warna hitam tidak keluar. Jika Anda baru pertama kali mengalami masalah ini atau sudah sering dan belum menemukan solusinya, cobalah menerapkan sejumlah langkah di atas. Baca juga cara print dari hp android tanpa kabel dan komputer.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)