Timnas AMIN Klaim Koalisi NasDem-PKB-PKS Masih Kompak Kawal Hak Angket dan Sengketa di MK
(Foto: Ahmad Syaikhu, Muhaimin Iskandar, Anies Baswedan, Surya Paloh di Wisma Nusantara, 23 Februari)

JAKARTA - Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Iwan Tarigan mengklaim bahwa koalisi Partai NasDem, PKB, dan PKS masih solid hingga kini.

Ketiga partai politik (parpol) pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ini diklaim tetap mendukung gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) dan tetap mendukung hak angket mengusut dugaan kecurangan pemilu.

"Parpol Koalisi 01, Nasdem, PKS, dan PKB tetap kompak di Koalisi Perubahan dan mengawal Proses sengketa Polpres di MK sampai tuntas dan pengajuan hak angket di DPR apabila di gulirkan secara resmi," kata Iwan kepada wartawan, Minggu, 24 Maret.

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum Partai NasDem menyambut kunjungan Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto dengan hangat di NasDem Tower.

Namun, Iwan menegaskan hal itu bukan berarti tanda partai pengusung Anies-Muhaimin akan membelot. Sebab, NasDem masih ikut mengawal gugatan MK dengan menghadirkan 12 pengacara yang menangani proses sengketa.

"NasDem juga siap mendukung Hak Angket apabila di gulirkan oleh PDIP sebagai inisiator, karena keberhasilan hak angket harus disetujui oleh rapat paripurna sebanyak 50 persen anggota DPR plus 1," tutur Iwan.

Sebelumnya muncul anggapan goyahnya Koalisi Perubahan usai pertemuan antara Surya Paloh dan Prabowo Subianto. Pada Jumat, 22 Maret, Prabowo menyambangi NasDem Tower dan langsung disambut oleh Surya Paloh.

Surya sampai menggelar karpet merah khusus di jalur kedatangan dan kepulangan Prabowo dan langsung menuju ke dalam gedung.

Usai pertemuan berlangsung, Surya mengaku kegiatan ini dilakukan untuk menjaga persahabatan yang mereka jalin sejak puluhan tahun lalu.

"Kunjungan ini adalah kunjungan silaturahmi, mengingat sebuah perjalanan panjang di antara hubungan personality dan personal kami berdua, silaturahmi 40 tahun. Jadi, hal yang amat sangat wajar ketika saya pribadi dan tentunya juga pak prabowo tetap menginginkan semangat persahabatan yang sudah dibina selama ini bisa terjaga baik," ungkap Surya.

Secara langsung, Surya pun mengucapkan selamat kepada Prabowo dan Gibran Rakabuminh Raka yang memperoleh suara terbanyak Pilpres 2024.

"Tentu kami mengucapkan selamat bagi Pak Prabowo dan Mas Gibran yang sudah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih menurut hasil Pemilu 2024," ungkap Surya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)