4 Inspirasi Tanaman Hias Untuk Mempercantik Rumah
Tanaman Hias (Lisa Fotios/Pexels)

JAKARTA – Sebuah rumah berdesain modern biasanya didominasi oleh warna gelap dan berkesan ‘dingin’. Cara termudah untuk menghadirkan kehangatan di dalam ruangan yang ‘dingin’ adalah dengan menggunakan tanaman hias.

Selain berfungsi sebagai penghias, tanaman dapat membantu menyegarkan udara di dalam rumah. Jika Anda bingung tanaman apa yang sebaiknya dipilih, inilah beberapa pilihan tanaman yang cocok dirawat di dalam ruangan.

Peace Lily

Peace Lily (Rovelyn Camato/Pexels)

 

Selain memiliki daun lebar dan berbunga cantik, peace lily bermanfaat untuk menghilangkan jamur di udara. Letakkan satu pot peace lily di kamar mandi atau ruangan yang lembap di dalam rumah, namun jauhkan dari ruangan yang dingin.

Tanaman ini dapat tumbuh dalam ruangan minim pencahayaan, tapi perlu disiram sekali seminggu agar bunga dapat mekar.

Lidah Buaya

Lidah Buaya (Kara Muse/Pexels)

 

Banyak orang menanam lidah buaya di halaman karena gel di dalam daunnya bermanfaat menenangkan peradangan kulit yang disebabkan oleh sengatan matahari dan mencegah kerontokan rambut.

Namun lidah buaya juga berfungsi meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Tanaman ini menjaga rumah Anda bebas dari racun di udara yang biasa berasal dari cat dan pembersih berbahan kimia. Alasan ini menjadikan lidah buaya cocok diletakkan di dalam ruangan yang baru saja direnovasi menggunakan cat baru.

Snake Plant

Snake Plant (Ehsan Ahmad/Pexels)

 

Merawat sansevieria, snake plant, atau lidah mertua sangat mudah karena tanaman ini dapat bertahan hidup meski Anda lupa menyiram selama berminggu-minggu. Menariknya, snake plant menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen di malam hari, kebalikan dari proses yang dilakukan oleh tanaman lain yang biasanya di siang hari.

Jadi Anda bisa meletakkan tanaman ini di dalam kamar untuk mendapatkan tambahan oksigen saat tidur.

Kaktus

Kaktus (Dominika Roseclay/Pexels)

 

Kaktus mungil dapat membuat ruangan sempit tampak lebih menarik. Jika rumah Anda dipenuhi dengan warna netral, menempatkan kaktus dengan pot berwarna cerah di atas meja tamu dapat menghidupkan suasana.

Sedangkan meletakkan kaktus di atas meja kerja dapat mengurangi stres karena memandang tanaman hijau dapat mengendurkan otot mata yang tegang. Jika meja terlanjur penuh, alternatif lainnya yaitu menggantung beberapa pot di dekat jendela.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, French, and Spanish versions are automatically generated by the system. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)