JAKARTA - Penyanyi muslim Prancis, Mennel mengklaim bahwa dia seharusnya tidak mencari pembenaran mengenai apakah akan memakai hijab atau turban (penutup kepala) atau tidak.

Bagi yang tahu siapa Mennel, identitas utama penyanyi ini adalah mengenakan jilbab atau penutup kepala religius semacam turban yang dikenakan oleh beberapa wanita muslim. Namun, sejak Maret lalu Mennel tidak lagi mengenakannya. Ia membiarkan rambut coklat panjangnya terurai.

Dalam postingan di Instagram,  banyak penggemar mengomentari keputusan Mennel - baik dalam bahasa Prancis maupun bahasa Arab - mereka bertanya, mengapa? Mennel tidak menanggapi pertanyaan tersebut secara langsung, tetapi dia menulis keterangan yang panjang untuk berterima kasih kepada penggemarnya karena telah mendukung dan menilai musiknya.

Yang paling dekat dengan penjelasannya untuk perubahan penampilannya itu ini adalah bagian ini:

“Saya tidak akan pernah menurunkan diri saya ke level yang bukan milik saya. Dan saya menyimpan senyuman itu, orang yang mengatakan kepada Anda "Saya bangga menjadi diri saya sendiri dan jika itu tidak cukup, maka saya tidak punya apa-apa lagi untuk ditawarkan" Saya senang menjadi diri saya dan saya berbagi dengan komunitas saya, "mennies ♥ ️" saya semua cinta yang saya miliki dalam diri saya. Saya 100% asli dan saya berniat untuk tetap seperti itu. Terima kasih kepada mereka yang menghargai musik saya dan pribadi saya untuk nilai-nilai sejatinya. Kepada Anda, ketahuilah bahwa kisah saya dilacak dalam terang inspirasi saya.

"Dan inspirasi saya adalah Anda. Ini adalah cinta, ketulusan, dan kebaikan dari mereka yang merasa terhubung dengan saya, ke alam semesta musik yang meliputi kesedihan dan kegembiraan kita, harapan kita, dan kemuliaan kita.

"Suatu hari saya diberitahu: berjalan lurus dan jangan berbalik. Jadi saya mengambil satu langkah, lalu dua, dan saya dengan berani bergerak maju dengan hati terbuka dan semangat bebas."

Dia juga menekankan bagaimana media sosial hanyalah sebagian kecil dari kehidupan dan dia menghargai komentar penuh kasih yang dia dapatkan tetapi tahu bahwa komentar negatif tidak boleh dianggap terlalu serius.

Bintang yang menjadi terkenal setelah debutnya yang luar biasa 2 tahun lalu pada The Voice versi Prancis itu mengungkap, tokoh-tokoh di dunia musik terlalu sering dinilai dari penampilannya. Menambahkan, dia lebih suka diakui sebagai pribadi dan artis, daripada sebagai simbol.

Berbicara kepada Arab News pada Rabu, 30 September, penyanyi yang tahun lalu mengikuti audisi untuk America's Got Talent itu mengatakan motivasinya untuk mengenakan jilbab/turban atau tidak adalah pilihan pribadi.

"Saya di sini untuk berbagi musik, untuk berbagi karya seni saya ... dan saya merasa sangat disayangkan karena saya tidak dinilai untuk apa yang dapat saya lakukan," penyanyi yang memulai tur pertamanya pada bulan November itu mengatakan.

Pencinta musik dengan cita rasa eklektik, Mennel (yang memiliki nama belakang Ibtissem) mengatakan bahwa dia dipengaruhi oleh musik Prancis, Inggris, dan Arab dalam produksi seninya. 

Penyanyi keturunan Prancis-Suriah ini membuat heboh publik karena menyanyikan lagu Hallelujah versi Leonard Cohen pada ajang pencarian bakat The Voice Prancis. Apalagi ia membawakan lagu itu dalam tiga bahasa: Inggris, Prancis dan Arab.

“Musik Arab memberi saya sisi yang cerah namun cukup membawa nostalgia,” tambahnya.

Kata 'Haleluya' atau 'Hallelujah' berasal dari bahasa Ibrani yang berarti 'Pujilah Tuhan'. Haleluya dikenal sebagai bagian dari doa bagi umat Yahudi dan sebagai pujian untuk Tuhan bagi umat Kristen.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)