JAKARTA - Jin BTS memasuki umur 28 tahun di Korea Selatan di mana ia diharuskan mulai mendaftar wajib militer. ARMY (sebutan penggemar BTS) pun mempertanyakan situasi ini mengingat BTS tengah menjalani sejumlah promosi.

Hari ini, 3 September, melansir SBS Fun E, Big Hit Entertainment menyatakan tidak ada usaha penundaan yang dilakukan agensi maupun anggota BTS untuk wajib militer.

“BTS terdiri dari anggota yang lahir antara 1992 dan 1997 yang diharuskan menjalani wajib militer sebagai tentara aktif. Anggota tertua Kim Seok Jin (Jin) diperkirakan dapat menunda wajib militernya hingga akhir 2021, menurut Undang-Undang Wajib Militer,” ucap perwakilan BTS.

Untuk menghindari pembatalan aktivitas karena wajib militer, sakit, kecelakaan atau alasan lainnya, agensi berencana agar menghadirkan konten terkini seperti merchandise, konten video dan lainnya.

“Agar meminimalisir penurunan pendapatan karena artis menjalani wajib militer, kami mencoba berbagai pilihan bisnis seperti album pra-produksi dan konten video agar artis dapat melakukan promosi secara fleksibel.”

Di Korea Selatan, mendaftar wajib militer wajib dilakukan bagi mereka yang sudah berumur 28 tahun. Namun, ada batas waktu yang diberikan sampai umur ke-30 untuk seseorang dapat mendaftar wajib militer.

Selain itu, mereka yang mendaftar tidak langsung mendapat perizinan. Mereka harus melakukan cek kesehatan dan sejumlah tes lainnya agar diterima di divisi yang mereka inginkan.

Kabar ini setidaknya memberi kelegaan bagi ARMY, sebab mereka masih bisa melihat Jin bersama BTS sampai akhir 2021 sebelum melaksanakan kewajibannya.

Di samping itu, BTS tengah melakukan proses rekaman untuk comeback mereka yang belum diumumkan secara resmi. Sebelumnya, mereka merilis lagu Bahasa Inggris pertama yakni Dynamite yang meraih sejumlah rekor dan prestasi baru.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)