JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan akses terhadap air bersih hingga internet akan tersedia di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur, sebelum 17 Agustus.

Dengan begitu, kebutuhan para peserta upacara kemerdekaan 17 Agustus mendatang akan terpenuhi.

“Air, listrik, gas, dan internet, insyaallah tersedia (sebelum 17 Agustus),” ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga di kantor PUPR, Jakarta, Jumat, 14 Juni.

Danis mengaku sudah terbang ke IKN untuk memastikan pemasangan akses air, listrik, gas hingga internet berjalan sesuai dengan target.

“Kemarin saya di sana juga memastikan juga bukan hanya air, tetapi juga listrik. Kemudian, Pertamina juga memasang untuk memastikan ada gas, kalau komunikasi sih sudah masang,” tuturnya.

Uji coba pengoperasian instalasi pengolahan air bersih di IKN akan dijadwalkan pada akhir bulan ini.

Adapun infrastruktur tersebut memiliki kapasitas sebesar 300 liter per detik dari kapasitas penuhnya yang mencapai 2.500 liter per detik.

Danis menambahkan, sumber air dalam uji coba ini berasal dari Intake Sungai Sepaku.

Setelah itu dilanjutkan mengambil air dari Bendungan Sepaku Semoi sebesar 300 liter per detik.

Dari sumber air baku itu, sambung Danis, air akan diproses melalui instalasi pengolahan air bersih.

Air bersih kemudian akan dipompa ke tempat penyimpanan air.

Saat ini, lanjut Danis, pompa tersebut sudah didatangkan dan mulai dipasang. Lalu dari reservoir itu, air bersih akan didistribusikan ke IKN.

“Sekarang pompanya sedang dipasang, dalam beberapa hari ini rencananya sampai terpasang itu sampai kurang lebih 30 Juni itu siap untuk diuji coba,” jelasnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)