Garuda Indonesia Prepares 1.4 Million Seats In The 2024 Eid Homecoming Period
Garuda Indonesia aircraft. (Photo: Doc. Antara)

JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan sebanyak total 1,4 juta kursi penerbangan untuk periode angkutan Lebaran 2024. Jumlah tersebut sudah termasuk dengan slot yang disiapkan oleh PT Citilink Indonesia.Rinciannya, Garuda Indonesia akan menyediakan sedikitnya 706.000 kursi. Sementara itu, Citilink sedikitnya 710.000 kursi.Sekadar informasi, jumlah kursi yang disediakan Garuda Group ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan periode angkutan Lebaran di tahun 2023 yang hanya menyiapkan 1,2 juta kursi.Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan, jumlah kursi yang disiapkan ini sebagai bentuk antisipasi Garuda Group dalam menyambut momentum mudik Lebaran. Di mana diprediksi akan jauh meningkat dibanding tahun sebelumnya.“Jumlah itu kami siapkan pada peak season mudik (Lebaran) buat antisipasi permintaan yang kita pastikan cukup melonjak tahun ini karena perekonomian yang semakin bagus,” kata Irfan saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis, 7 Maret.Irfan bilang perseroan melihat potensi peningkatan trafik penumpang di kisaran 10 hingga 20 persen pada periode peak season Lebaran 2024 dibandingkan dengan peak season Lebaran 2023 lalu.Lebih lanjut, Irfan bilang biasanya penerbangan yang terjadi pada saat mudik merupakan single leg. Di mana peningkatan penerbangan hanya terjadi menuju kampung halaman. Namun, saat pesawat kembali ke Jakarta cenderung kosong.“Kita lihat fenomena bertahun-bertahun, ini penerbangan single leg. Lebaran banyak yang pulang kampung, pesawat balik lagi kosong hanya 15 persen,” ucapnya.

Untuk mengatasi kondisi ini, Irfan bilang Garuda akan memberikan banyak promo atau diskon tarif pesawat. Salah satu program yang sudah dijalankan sejak tahun lalu adalah ‘Lebaran di Jakarta’.Menurut Irfan, program promosi ini banyak diminati masyarakat. Pasalnya, diskon tiket yang diberikan bahkan sampai 75 persen.“Untuk mengisi leg yang kosong, (kita hadirkan promo) Lebaran ke Jakarta. Bisa dapat tiket diskon 75 persen dan ini bukan 5 hingga 10 seat, tapi ini bisa setengah pesawat. Kalau keluar Jakarta setelah Lebaran kita juga akan kasih diskon untuk 42.000 seat,” jelasnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)