Wapres Ma’ruf Bertolak ke Laos Pimpin Delegasi RI di KTT 44-45 ASEAN

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertolak ke Laos untuk memimpin delegasi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-44 dan Ke-45 ASEAN serta KTT terkait lainnya.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan bahwa Wapres akan memberikan pesan-pesan utama dalam 14 pertemuan di KTT pada tanggal 9—11 Oktober 2024 di Vientiane, Laos.

KTT Ke-44 dan Ke-45 di ASEAN tersebut akan dihadiri 17 kepala negara/pemerintahan serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN dan Sekjen PBB.

"Dalam pertemuan-pertemuan yang dimaksud, Wapres akan memberikan pesan utama, antara lain, capaian penting ASEAN dalam 10 tahun terakhir dan kesinambungan upaya ASEAN dalam implementasi 5PC di Myanmar," kata Masduki dilansir ANTARA, Selasa, 8 Oktober.

Dalam pesannya, lanjut Masduki, Wapres menekankan tonggak keberhasilan ASEAN dalam kurun waktu satu dekade serta langkah strategis yang harus dilakukan ASEAN untuk kepentingan negara anggotanya.

Selain itu, Wapres akan menekankan pentingnya kerja sama seluruh negara untuk mewujudkan penguatan sentralitas ASEAN dan perdamaian dunia.

"Wapres juga mendorong agar negara-negara besar mendukung sentralitas ASEAN, memastikan agar ASEAN adaptif dalam merespons isu terkini dan aktual masa depan, serta menggalang dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina," kata Masduki

Menggunakan pesawat Falcon TNI AU, Wapres didampingi Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas dijadwalkan lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Internasional Wattay Vientiane sekitar pukul 14.00 WIB.