Curi dan Sebarkan Data Member EXO dan NCT, 2 Pria Didenda 3 Juta Won

JAKARTA - SM Entertainment merilis pembaruan dari kasus pencurian informasi pribadi dari member EXO dan NCT. Insiden ini bermula ketika beberapa individu berpura-pura menjadi kurir untuk beberapa member NCT dan member EXO.

Agensi mengungkap insiden itu sudah diproses ke pihak hukum dan dua orang yang melakukan hal itu sudah ditangkap pihak berwajib.

“Halo, ini SM Entertainment. Kami ingin menginformasikan hasil gugatan terkait pencurian data satu member EXO dan tiga member NCT yang merupakan artis di dalam manajemen kami,” kata SM Entertainment pada hari ini, Kamis, 11 Juli.

“Terkait insiden pada April 2023, ketika beberapa individu meniru menjadi kurir paket dalam siaran X (Twitter) dan mencuri informasi artis, kami mengumpulkan bukti melalui laporan penggemar dan monitoring,” jelas agensi.

Mereka merekrut firma hukum untuk mengajukan keluhan terkait pasal pelanggaran perlindungan informasi dan komunikasi.

“Dalam insiden ini, terduga kurir palsu melakukan siaran, mencuri alamat artis, dan memberitakan informasi ini, melakukan tindak kriminal dengan mengungkap informasi pribadi kepada publik. Polisi mengidentifikasi 4 individu yang terlibat dan mengajukan dua dari mereka ke kejaksaan,” kata agensi.

“Para terduga mengakui perbuatan mereka atas alasan cinta kepada artis. Dua orang itu dikenai hukuman denda 3 juta won. Kami mengapresiasi laporan dari penggemar yang bisa membuat kami mengajukan gugatan hukum kepada aktivitas ilegal,” kata mereka.

Agensi mengaku hingga saat ini, tindakan menghubungi nomor pribadi dan mengunjungi rumah artis mereka sudah berlangsung lama. Para artis mengungkap kesulitan mereka untuk menghadapi hal serupa hingga mempengaruhi kondisi kesehatan mereka.

“Kami tidak memaklumi tindakan itu sebagai bentuk ketertarikan kepada artis melainkan tindak kejahatan yang bisa membuat kerugian bagi mereka. Kami juga berupaya melindungi artis kami dengan memantau tindakan serupa yang berpotensi merusak reputasi dan hak mereka,” tutup agensi.

Agensi juga memilih tidak mengungkap siapa satu member EXO dan tiga member NCT yang mengalami insiden ini, tapi mereka bertekad untuk melindungi artis mereka ke depannya.