Alasan Konsep Minimalis Ruangan Begitu Populer dan Banyak Disukai
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Tahukah Anda mengapa konsep minimalis tetap populer dan disukai banyak orang? Salah satu alasannya adalah karena menghasilkan ruang yang nyaman, bersih dan tidak membosankan.

Akan tetapi memang tidak mudah untuk mewujudkan impian ini. Karena Anda perlu mengetahui secara jelas apa saja yang harus diperhatikan, untuk menghasilkan area yang minimalis untuk namun tetap hidup.

Memperhatikan Skala Ruangan

Konsep minimalis adalah teman terbaik untuk ruangan dengan kapasitas terbatas. Namun untuk mendapatkan hasil yang terbaik Anda harus menggunakan setiap bagian inci rumah, serta dapat memilih furnitur yang tepat misalnya sofa bed, rak susun, meja bertingkat, lemari hingga set meja kursi makan multifungsi yang dapat dilipat.

Dengan cara ini Anda bisa memanfaatkan satu furnitur untuk berbagai keperluan. Kalau begini jadi hemat biaya, juga hemat uang kan?

Gunakan Warna Netral

Jika bicara desain minimalis modern maka tentunya tidak akan terlepas dari palet warna monokrom atau netral yang memberikan keindahan sekaligus kenyamanan. Jenis warna ini tidak termakan usia, bahkan cocok dipadukan dengan furnitur berwarna lainnya.

Jika suka Anda bisa menambahkan beberapa detail motif yang tidak terlalu besar, pada area tertentu. Hanya saja yang perlu Anda perhatikan bentuk dan kombinasi warna yang akan Anda gunakan.

Bereksperimen Dengan Tekstur

Warna putih, krem, coklat atau abu-abu memang mampu menciptakan kesempurnaan desain, dan memberikan kesan ruangan yang nyaman. Namun bukan berarti Anda tidak boleh bereksperimen dengan berbagai tekstur dan motif.

Misalnya pada area ruang tamu, tambahkan sedikit bentuk dan tekstur melalui perabotan atau tempat duduk berbentuk setengah lingkaran. Alternatif lainnya Anda bisa menggunakan rak berbentuk unik, yang mana dapat menjadi dekorasi ruangan. Jangan takut untuk mencoba karena ini hanyalah soal selera saja.

Mencampur Gaya yang Berbeda

Satu lagi yang perlu diingat jika bicara soal desain minimalis dan warna monokromatik, yaitu cobalah untuk mencoba memadukan dengan konsep lainnya yang masih berjalan selaras. Seperti sentuhan kemewahan yang berasal dari permadani asal Maroko, hingga sofa putih yang memberikan kesan dinamis juga hangat.

Tetap membumi

Salah satu elemen kunci dari minimalis adalah menonjolkan bentuk-bentuk organik yang sederhana, seperti bangku kayu alami dan rak buku yang klasik namun tetap memberikan kesan elegan. Material alam sendiri sangat pas dengan hampir seluruh konsep rumah.

Pilih Barang dengan Bijak

Saat mengaplikasikan konsep minimalis pada area ruang tamu, maka cobalah untuk memilih barang dengan bijak. Bukan saja soal warna, tapi juga jumlah yang akan Anda beli. Hindari meletakan beberapa perabotan sekaligus yang mana dapat menyebabkan kesan sumpek.

Cukup gunakan beberapa furnitur seperti dua kursi dan meja kopi kecil, untuk membuat kesan simple yang kuat dan tetap menarik. Jika suka Anda bisa menambahkan beberapa lampu atau dekorasi bergaya retro.

Wah, ternyata tidak susah kan menerapkan konsep minimalis untuk rumah Anda. Untuk melengkapi furnitur yang Anda inginkan dan berkualitas baik, percayakan pada Ruparupa, situs belanja online yang menyediakan produk dari brand-brand terpercaya besutan Kawan Lama Group.

Melalui platform ini setiap penggunanya juga diberikan penawaran eksklusif seperti cashback, biaya gratis ongkir, hingga potongan harga yang bisa didapatkan dengan mendaftarkan diri menjadi Ruppers sekarang juga.