Bagikan:

JAKARTA - Mantan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro menjadi salah satu pembicara di Forum Dialog HUT ke-83 Sinar Mas: Economic Outlook 2022. Dalam acara itu, Bambang menyebut mayoritas atau 66,7 persen penduduk RI tergolong dalam penduduk rentan miskin.

Bambang, yang juga Komisaris Utama di Telkom ini menuturkan, jika ada orang yang keluar dari garis kemiskinan, bukan berarti mereka langsung masuk ke kelompok menengah. Namun, menurut Bambang, orang-orang tersebut masuk dalam kategori rentan miskin.

"Kategori tersebut kemudian dibagi lagi menjadi dua kelas, yaitu kelompok rentan miskin dan aspiring middle class atau calon kelas menengah. Di kategori inilah ramai ditempati masyarakat Indonesia," kata Bambang, dikutip Kamis 7 Oktober.

Lebih lanjut kata Bambang, jumlah orang yang ada di kelompok rentan miskin dan calon kelas menengah ini jumlahnya cukup besar.

"Tidak main-main hampir 67 persen dari total penduduk Indonesia," jelas mantan Menteri Keuangan ini.

Pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini, kata Bambang, membuat kelas rentan miskin lebih mudah kembali menjadi kelompok miskin karena ketidakpastian ekonomi. Dan mayoritas penduduk rentan miskin dan calon kelas menengah ini berada di Pulau Jawa dan Bali dengan jumlah terbesar berada dari Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.