Adaro Milik Konglomerat Garibaldi 'Boy' Thohir Mau Caplok Trimegah Sekuritas, Gelontorkan Rp1,2 Triliun?
Konglomerat Garibaldi 'Boy' Thohir. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Konglomerat Garibaldi 'Boy' Thohir, bos PT Adaro Energy Tbk (ADRO) Garibaldi 'Boy' Thohir ini dikabarkan akan mengambilalih saham PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM) dari Advance Wealth Finance Ltd.

Dikutip dari pengumuman di salah satu koran nasional, Senin 4 Oktober, Boy Thohir yang merupakan kakak kandung Menteri BUMN Erick Thohir ini mengatakan pihaknya sudah meneken term sheet yang belum mengingat dalam rangka rencana pengambilalihan saham TRIM.

Konsorsium Boy Thohir berencana membeli 3.500.000.000 saham milik Advance di Trimegah, alias 49,23 persen dari seluruh saham yang dikeluarkan oleh TRIM. Dengan begitu, akan mengakibatkan perubahan pengendalian atas perusahaan sekuritas ini.

"Tujuan dari rencana pengambilalihan ini adalah untuk investasi dan pengembangan bisnis konsorsium Boy Thohir di pasar modal Indonesia," tulis Boy Thohir.

Boy Thohir menegaskan bahwa pihaknya tidak memiliki baik langsung maupun tidak langsung saham TRIM.

Adapun konsorsium Boy Thohir ini akan melaksanakan penawaran tender wajib sesuai dengan ketentuan POJK Nomor 9/2018. Penawaran tender adalah kewajiban bagi investor pengendali baru untuk menawarkan membeli saham milik investor lain, termasuk investor publik.

Pengumuman di salah satu koran nasional, bahwa konsorsium Boy Thohir mau caplok Trimegah Sekuritas. (Foto: Istimewa)

Sebagai informasi, per Juni 2021, saham Trimegah Sekuritas dipegang Advance Wealth 49,23 persen (3,5 miliar saham), PT Union Sampoerna 9,85 persen, Stephanus Turangan 0,31 persen. Kemudiam David Agus 0,25 persen, Syafriani Armand Saleh 0,24 persen, dan publik mengempit 40,12 persen.

Jika berasumsi dan mengacu pada harga saham TRIM pada penutupan perdagangan Senin 4 Oktober yang berada di level Rp366, maka Boy Thohir menggelontorlan sekitar Rp1,2 triliun dalam aksi akuisisi ini.