Menaker Ida Fauziyah Sebut Perusahaan Harus Segera Vaksinasi Pekerjanya: Demi Lindungi Keluarga Mereka juga
Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziyah saat meninjau vaksinasi di PT Astra Honda Motor. (Foto: Dok. Kemnaker)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengharapkan agar perusahaan yang belum melakukan vaksinasi terhadap para pekerjanya dapat mulai merealisasikan langkah tersebut. Vaksinasi pekerja sendiri diharapkan dapat mempercepat target dari vaksinasi terhadap 181,5 juta penduduk untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity.

"Semoga perusahaan-perusahaan yang lain segera mengikuti perusahaan yang telah melaksanakan vaksinasi," kata Ida dalam keterangan resmi, dikutip Senin 12 Juli.

Menurut Ida, program vaksinasi yang dilakukan perusahaan sangat membantu pemerintah dalam upaya memberikan perlindungan bagi pekerja dan keluarganya dari penularan COVID-19.

"Sebagaimana kita ketahui, akhir-akhir ini kasus COVID-19 terus naik. Maka menggencarkan vaksinasi menjadi salah satu upaya penting dalam melindungi para pekerja dan keluarganya," ucapnya.

Selain itu, dengan dilakukannya vaksinasi bagi para pekerja, proses produksi dan produktivitas para pekerja juga diharapkan dapat berjalan dengan lebih aman dan nyaman. Dengan demikian, pemulihan ekonomi nasional pun dapat dicapai.

"Kami harapkan, para pekerja baik di lingkungan industri, pabrik maupun perusahaan akan bisa bekerja lebih produktif serta terhindar dari penyebaran COVID-19," kata Ida.

Sementara itu, dia berpesan kepada kepada pekerja yang sudah divaksinasi agar tetap disipilin dalam menerapkan protokol kesehatan, baik saat di tempat kerja maupun di lingkungan masyarakat.

Adapun dalam peninjauan langsung vaksinasi, Ida Fauziyah menyerahkan piagam penghargaan kepada perusahaan yang turut membantu meningkatkan herd immunity melalui vaksinasi COVID-19 bagi pekerja atau buruh dan keluarganya.

Perusahaan tersebut di antaranya Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), dan PT Astra Honda Motor (AHM).