Bank Syariah Indonesia Modali SPBU Mini Pertashop di Pesantren, Jamin Harga Sama
Ilustrasi (Foto: Humas Pertamina)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) kembali memberikan dukungan pembiayaan Pertashop pada ekosistem pesantren. Upaya tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah dalam membangun ekonomi umat bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berbasis pesantren.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan segmen UMKM menjadi salah satu fokus  perseroan dalam mengembangkan ekosistem halal yang bermanfaat bagi umat. Strategi yang dilakukan adalah menumbuhkan segmen UMKM berbasis ekosistem atau komunitas dan value chain yang terintegrasi.

“Kami berharap dapat menggali potensi pesantren di seluruh daerah melalui peran masing-masing pihak lewat kerja sama dalam pengembangan ekonomi umat,” ujarnya dalam keterangan resmi seperti yang dikutip pada Sabtu, 5 juni.

Hery menambahkan, pihaknya siap mendorong UMKM untuk berkembang dan naik kelas, tidak hanya dengan memberikan dukungan finansial namun juga pendampingan bagi pelaku usaha, diantaranya melalui penyediaan pelatihan dan pendidikan.

“Dengan UMKM naik kelas diharapkan dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan kehadiran Pertashop diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses BBM yang ramah lingkungan.

“Kami menyediakan BBM berkualitas yaitu Pertamax dengan harga yang sama seperti di SPBU,” tegasnya.

Dia menyebut sebelumnya Pertamina juga telah membangun Pertashop di beberapa pesantren lain dan terbukti berkontribusi bagi peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

“Hadirnya Pertashop di pesantren merupakan bentuk komitmen kami sebagai BUMN dalam pemerataan energi berkualitas, dan menggerakan perekonomian nasional serta pemberdayaan masyarakat kecil dengan investasi yang terjangkau,” ucap Nicke.

Sebelumnya BSI telah memberi pembiayaan Pertashop ke Pesantren Binaan Habib Muhammad Lutfi Bin Ali Bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah.

Dalam hal ini, BSI memberikan dukungan produk dan jasa layanan perbankan bagi UMKM di lingkungan pesantren, mulai dari agen Laku Pandai, modal kerja untuk usaha, termasuk jika ingin membuka Pertashop.