Bagikan:

JAKARTA - Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) dan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) resmi membuka BINA Diskon: Lebaran 2025 pada hari ini.

Acara yang digelar dalam rangka mendukung kampanye nasional Belanja di Indonesia Aja ini menghadirkan diskon-diskon ritel yang mulai berlangsung pada 14-30 Maret 2025 di lebih dari 400 pusat perbelanjaan seluruh Indonesia, termasuk gerai di stasiun dan bandara.

Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja mengatakan, BINA Diskon digelar untuk mendukung pemulihan daya beli, terutama di antara masyarakat menengah yang mulai melemah.

Dia pun mengantisipasi adanya pergeseran pilihan masyarakat dalam mengambil pengeluaran untuk berbelanja di ritel, salah satunya untuk barang-barang dengan harga yang terjangkau.

"Tentunya karena memang daya beli masyarakat kelas menengah bawah yang sampai dengan saat ini masih belum pulih kembali. Sekarang kami coba dorong lagi, jangan sampai turun lagi," ujarnya dalam sambutannya pada acara Opening Ceremony BINA Diskon Lebaran 2025 di Jakarta, Jumat, 14 Maret.

Alphonzus memperkirakan, puncak penjualan ritel akan terjadi pekan ini. Mengingat, THR segera mulai cair dalam waktu dekat.

"Makanya (BINA Diskon) dilaksanakan tanggal 14 (Maret), karena beberapa perusahaan juga telah mencairkan THR-nya. Jadi, diharapkan mulai besok akan terjadi puncak penjualan sampai dengan minggu depan, karena setelah itu masyarakat akan mulai sibuk dengan mudik," kata dia.

"Saya kira ini momen yang kami harapkan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi masyarakat untuk bisa berbelanja," sambungnya.

Pada kesempatan sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, besaran diskon yang ditawarkan pada BINA Diskon mencapai 70 persen. Dia optimistis, hadirnya diskon ini bisa mendongkrak minat belanja masyarakat.

"Tadi disampaikan diskonnya sampai 70 persen. Ini yang diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk terus belanja. Saya juga berharap, Indonesia punya resiliensi dan daya tahan karena kami punya kemampuan di dalam negeri," tutur Airlangga.

"Juga event-event belanja di dalam negeri kalau bisa menjadi tujuan para wisata internasional minimal di tingkat ASEAN," sambungnya.

Untuk diketahui, BINA Diskon: Lebaran 2025 merupakan bagian dari program Belanja di Indonesia Aja yang diselenggarakan oleh Hippindo dan APPBI bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta berbagai pemangku kepentingan lainnya.