Bagikan:

JAKARTA - Cititoy, produsen mainan global terkemuka saat ini sedang merancang persiapan pembangunan pabrik barunya, PT Kids Play Indonesia di Subang Smartpolitan. Upacara peletakan batu pertama yang diadakan hari ini menandai tonggak penting dalam rencana ekspansi perusahaan dan semakin memantapkan posisi Subang Smartpolitan sebagai destinasi industri unggulan.

Didirikan pada tahun 1979, Cititoy memiliki sejarah panjang dalam inovasi dan pertumbuhan yang menjadikan mereka terdepan dalam industri mainan. Untuk memperluas jangkauan globalnya, perusahaan ini berekspansi ke Indonesia dengan mendirikan pabrik barunya, PT Kids Play Indonesia di kota mandiri terintegrasi, Subang Smartpolitan. Langkah baru ini didedikasikan untuk memproduksi berbagai macam mainan.

Investasi PT Kids Play Indonesia di Subang Smartpolitan mencapai lebih dari 60 juta dolar AS untuk membangun fasilitas produksi berteknologi tinggi seluas 10 hektare di Subang Smartpolitan. Lokasi strategis ini, dikelilingi oleh infrastruktur utama seperti Jalan Tol Trans Jawa, Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati dan proyek kereta cepat, akan mengoptimalkan produksi, logistik dan proses ekspor.

"Kami tertarik dengan iklim bisnis Indonesia yang kompetitif dan keunggulan strategis yang ditawarkan oleh Subang Smartpolitan. Setelah mempertimbangkan dengan saksama, kami yakin bahwa pabrik baru ini akan memungkinkan kami untuk memenuhi permintaan global yang terus meningkat akan produk kami," ujar Mr. Ken Cheung, Presiden Direktur PT Kids Play Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Selasa 10 Desember.

"Upacara peletakan batu pertama ini menandai dimulainya perjalanan kami menuju masa depan yang berkelanjutan. Berkolaborasi dengan masyarakat, kami memprioritaskan terciptanya lingkungan yang positif. Proyek ini bukan hanya sekadar bisnis, tetapi juga komitmen kami untuk memberikan hasil terbaik bagi masyarakat, lingkungan, dan ekonomi secara harmonis," imbuh Ken.

Cahyo Purnomo, Direktur Promosi Wilayah Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah dan Afrika Kementerian Investasi/BKPM yang juga hadir dalam acara hari ini menyampaikan, pihaknya menyambut baik rencana investasi ini.

"Ini menunjukan bahwa iklim berinvestasi di Indonesia secara umum, termasuk di Jawa Barat atau di Subang secara khusus ini iklimnya cukup kondusif dan komptetitif, serta bisa bersaing dengan negara dan wilayah lain. Ini tentu hasil kerja keras dari berbagai pihak," tuturnya.

"Tentu kita harapkan, seluruh jajaran pemerintah pusat, pemerintah daerah, termasuk berbagai pihak terkait untuk memberikan dukungan yang diperlukan agar proses konstruksi bisa berjalan sesuai jadwal, hingga akhirnya perusahaan bisa memulai produksi komersial, kemudian mengeskpor produknya keluar negeri. Ini tentu memberikan berbagai manfaat bagi kita semua, tidak hanya ekonomi nasional tapi juga ekonomi daerah, menciptakan lapangan pekerjaan, dan lain-lain," tambah Cahyo.

Pembangunan fase 1 pabrik baru ini dijadwalkan selesai dan dapat mulai beroperasi pada September 2025. Semua produk yang diproduksi di fasilitas modern ini akan diekspor sepenuhnya ke pasar internasional, yang akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan neraca perdagangan Indonesia.

Investasi ini membuktikan bahwa Indonesia semakin menarik sebagai tujuan investasi. Dengan perkiraan penciptaan lebih dari 4.000 lapangan kerja baru, proyek ini tidak hanya akan menguntungkan PT Kids Play Indonesia tetapi juga mendorong pembangunan ekonomi di Kabupaten Subang dan nasional secara keseluruhan.

Binawati Dewi, General Manager Sales & Tenant Relations Subang Smartpolitan, menyampaikan rasa antusiasnya.

"Kami sangat senang menyambut PT Kids Play Indonesia di Subang Smartpolitan. Investasi ini tidak hanya akan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat, tetapi juga akan memacu pembangunan ekonomi daerah. Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan yang menyeluruh kepada para investor kami untuk mendukung kesuksesan mereka," jelasnya.

Pembangunan pabrik baru ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi daerah, termasuk meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan kualitas dan penyerapan lapangan kerja. Hal ini sejalan dengan visi PT Suryacipta Swadaya untuk "Membangun Indonesia yang Lebih Baik" melalui setiap kegiatan bisnis yang berdampak positif bagi masyarakat.