Pemerintah Dorong Kolaborasi Lintas Sektor Perkuat Rantai Industri Halal di Indonesia
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto: Dok. Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah saat ini terus mendorong dan memfasilitasi kolaborasi lintas sektor dalam mengembangkan ekonomi syariah termasuk keterlibatan dunia usaha. Kata dia, upaya ini dilakukan untuk mengejar target Indonesia menjadi produsen halal dunia.

Pemerintah, kata Ma'ruf, mendukung kerja sama Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dengan PT Unilever Indonesia serta Peluncuran Program Unilever Muslim Centre of Excellence (M-COE) yang baru saja ia resmikan.

"Nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama ini merupakan penguatan dari pengembangan industri produk halal yang menjadi salah satu fokus kerja Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)," katanya dalam acara peluncuran Unilever Muslim Centre of Excellence di akun YouTube Unilever Indonesia, Kamis, 8 April.

Lebih lanjut, Ma'ruf mengatakan program Muslim Center of Exellence untuk Unilever Global ini merupakan langkah strategis, sekaligus menjadikan Unilever Indonesia sebagai Global Hub produk Halal Unilever.

Di samping itu, Ma'ruf juga meyakini upaya ini akan memberikan dampak yang positif bagi pengembangan produk halal dalam negeri. Termasuk juga untuk pemenuhan kebutuhan pasar global Unilever di seluruh dunia.

"Produk- produk tersebut diharapkan tidak hanya di industri barang konsumsi, makanan dan minuman, namun juga di sektor ekonomi syariah lainnya.

Industri farmasi dan obat-obatan tradional, industri hasil pertanian dan produk protein, industri pariwisata ramah muslim, fashion, kerajinan dan produk kreatif lainnya," ucapnya.

Program ini, kata Ma'ruf, sejalan dengan langkah-langkah strategis pemerintah dalam pengembangan industri produk halal. Karena, menurutnya, sangat bermanfaat untuk mendorong berkembangnya riset dan inovasi produk halal.

Termasuk, kata dia, pengembangan industri produk halal dengan bahan baku lokal (komponen dalam negeri), serta penguatan halal lifestyle dalam peningkatan penggunaan produk halal di kalangan masyarakat Indonesia.

"Pemerintah mengapresiasi program Unilever Muslim Center of Excellence ini sebagai bentuk dukungan pelaku usaha besar dalam membangkitkan kembali serta menaikkan kelas para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)," jelasnya.

Ma'ruf berharap akan semakin banyak pengusaha-pengusaha di Indonesia mengembangkan bisnis di bidang industri halal dan ekonomi syariah akan memperkuat ekosistem industri halal nasional.

"Ke depannya, saya berharap program Unilever Muslim Center of Excellence ini akan diikuti oleh pemain-pemain industri halal global lainnya, dengan mengambil langkah yang konkret dan implementatif untuk menjadikan Indonesia sebagai global hub produk halal dunia," katanya.