Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melanjutkan pelemahan pada perdagangan hari ini, Senin 28 Oktober. Phintraco Sekuritas dalam risetnya memperkirakan IHSG akan bergerak pada rentang resistance 7.850, pivot 7.750, dan support 7.630.

Phintraco Sekuritas menjelaskan, Indeks-indeks Wall Street ditutup beragam di Jumat 25 Oktober. Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 mengakhiri enam pekan reli penguatan, sementara reli Nasdaq memasuki pekan ketujuh. Nasdaq ditopang oleh antisipasi rilis kinerja keuangan dari perusahaan teknologi besar di pekan ini, diantaranya Amazon, Meta, Microsoft dan Nvidia.

Wall Street dibayangi kondisi imbal hasil obligasi Amerika Serikat (AS) 10 tahun yang relatif tinggi (4,24 persen) di pekan lalu. Kondisi ini dipicu oleh data durable goods orders (0,4 persen mom) di September 2024 dan Michigan Consumer Sentiment (70,5) di Oktober 2024 yang lebih tinggi dari perkiraan.

“Data-data tersebut memicu keraguan pasar terhadap agresivitas pemangkasan suku bunga acuan the Fed di sisa 2024,” tulis Phintraco Sekuritas.

Pekan ini, lanjut Phintraco Sekuritas, pasar mencermati indikator-indikator ketenagakerjaan AS yang berpotensi mempengaruhi pandangan pasar terhadap arah kebijakan moneter the Fed di sisa 2024. Selain itu, pasar akan merespon indeks manufaktur China yang diperkirakan sudah kembali ke atas 50 di Oktober 2024.

Dari dalam negeri, Phintraco Sekuritas mengatakan, fokus pasar masih kepada kinerja kuartal III 2024. Emiten bank (BMRI dan BRIS) dijadwalkan rilis awal pekan, diikuti ASII dan ADRO, selanjutnya adalah consumer related (ICBP dan KLBF) jelang akhir pekan.

“Secara umum, pekan ini diperkirakan sebagai puncak periode rilis kinerja keuangan,” jelas Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas memprediksi, IHSG hari ini rawan mengalami pelemahan lanjutan hingga kisaran support 7.630-7.650. Support level tersebut juga berhimpitan dengan MA20.

“Oleh sebab itu, pergerakan selanjutnya akan bergantung pada kemampuan IHSG hari ini bertahan di atas 7630 atau tidak,” tegas Phintraco Sekuritas.

Adapun Phintraco Sekuritas merekomendasikan empat saham untuk hari ini, yaitu SMGR, INTP, EXCL, dan TLKM.