Bagikan:

JAKARTA - Kebutuhan akan teknologi visual berkualitas di era digital semakin meningkat, terutama untuk keperluan event, promosi produk, hingga sektor hiburan.

Salah satu teknologi yang saat ini menjadi tren adalah penggunaan LED screen.

Dibandingkan dengan proyektor, LED screen memberikan kualitas tayangan yang jauh lebih baik, lebih terang, dan tajam.

Menjawab kebutuhan ini, PT Digital Visual Solution, yang dikenal dengan nama Rent2Rent, hadir sebagai penyedia layanan penyewaan LED screen berkualitas tinggi.

Perusahaan ini menawarkan solusi visual yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan, termasuk event promosi, hiburan, hingga perhelatan Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE).

Selain YesTech, Rent2Rent juga menyediakan produk dari berbagai merek terkemuka lainnya, seperti Top Brands LED Screen yang ada di Indonesia.

Rent2Rent memiliki dua model unggulan dari YesTech, yaitu P1.9 dan P2.9, yang menawarkan kelebihan masing-masing untuk kebutuhan berbeda.

Menurut pengalaman Rent2Rent, YesTech P1.9 adalah pilihan yang tepat untuk penggunaan indoor, dengan keunggulan pixel berukuran 1.9 mm, yang memberikan gambar super jernih dengan kualitas High Definition (HD).

“Di Indonesia, kami yang pertama memiliki YesTech P1.9. Dengan pixel 1.9, hasil gambarnya sangat jernih, dan scan rate-nya juga sangat bagus. Jadi, saat diambil gambar atau video, tidak ada garis-garis yang muncul seperti di LED lain," jelas Owner Rent2Rent Edwinius Purwoko.

Selain model indoor, Rent2Rent juga menyediakan YesTech P2.9, yang dikenal sebagai model hybrid. Produk ini bisa digunakan untuk indoor, outdoor, hingga sebagai lantai (floor), yang tahan diinjak.

"Dengan YesTech P2.9, visual tak hanya ditampilkan secara vertikal, tetapi juga bisa secara horizontal di bawah. Ini bisa digunakan untuk berbagai konsep kreatif," tambahnya.

Model ini juga dilengkapi dengan akrilik khusus di bagian atasnya, yang memastikan gambar tetap terlihat jelas dari berbagai sudut tanpa pantulan cahaya yang mengganggu.

"LED ini bisa menahan beban hingga 4,6 ton, jadi sangat kuat, dan pixelnya 2.9 mm, membuatnya cocok untuk berbagai jenis penggunaan," katanya.

Dia mengungkapkan, permintaan terhadap LED screen di Indonesia terus meningkat seiring perkembangan teknologi.

Menurut Rent2Rent, penggunaan LED screen kini tidak terbatas hanya untuk acara-acara besar, tetapi sudah menjadi kebutuhan di berbagai industri.

“Jika kita lihat sekarang, banyak gedung di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta yang sudah menggunakan LED screen. Begitu juga di pusat perbelanjaan, outlet, dan toko-toko yang semuanya sudah beralih ke teknologi ini," ungkap Edwin.

Selain itu, tren ini juga terlihat di luar negeri, terutama di China dan Amerika Serikat, di mana penggunaan LED screen sudah sangat umum di berbagai sektor. "Di Indonesia, pasar LED screen masih sangat berkembang dan potensinya masih sangat besar," tambahnya.

Keunggulan Sewa Dibanding Membeli

Bagi perusahaan yang memerlukan LED screen untuk berbagai acara, menyewa merupakan pilihan yang lebih praktis dan ekonomis dibandingkan membeli.

Untuk perusahaan rental yang ingin membeli LED screen dalam jumlah besar, biaya bisa mencapai ratusan ribu dolar.

“Untuk membeli LED screen ukuran 100 meter persegi, dibutuhkan sekitar 200.000 dolar AS atau setara dengan Rp 3-4 miliar. Ini tentunya memerlukan investasi besar," terang Edwin.

Di sisi lain, menyewa LED screen dari Rent2Rent jauh lebih terjangkau.

Misalnya, untuk YesTech P2.9, biaya sewanya sebesar Rp400.000 per meter persegi, sementara untuk model indoor, harga sewa dimulai dari Rp800.000 per meter persegi.

"Ini jelas lebih mudah dan efisien bagi klien, karena mereka bisa menyewa sesuai kebutuhan tanpa harus mengeluarkan biaya besar," tambahnya.

Namun, keunggulan menyewa dari Rent2Rent adalah adanya dukungan penuh selama masa sewa, termasuk sparepart gratis jika ada kerusakan.

"Kami memberikan spare gratis, jadi jika ada kendala pada LED screen, pelanggan tidak perlu khawatir karena kami sudah menyiapkan cadangannya," kata perwakilan Rent2Rent.

LED screen yang disewakan juga dirawat secara rutin untuk menjaga kualitasnya.

"Rata-rata LED screen bisa bertahan hingga 5-10 tahun, tergantung pemakaian, dan kami selalu melakukan maintenance untuk menjaga kualitas," tambahnya.

Masih kata Edwin, salah satu keunggulan utama YesTech adalah kualitas dan durabilitasnya.

LED screen YesTech terkenal tahan banting, dengan tingkat kerusakan minimal, seperti dead pixels yang jarang terjadi.

Selain itu, YesTech juga memiliki fitur yang memudahkan instalasi, menjadikannya pilihan ideal untuk berbagai kebutuhan.

"Dari segi harga, meskipun YesTech termasuk kategori high-end, harganya tidak jauh berbeda dengan produk kelas menengah. Jadi, dengan YesTech, pelanggan mendapatkan kualitas terbaik dengan harga yang tetap kompetitif," kata Edwin.