Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter menjalin kerja sama bidang pendidikan dan pelatihan untuk perawatan sarana KRL Commuter Line dengan Nabtesco Corporation, Nabtesco Service, dan Nabtesco Service Southeast Asia.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman oleh Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto bersama pihak Jepang di Tokyo, Jepang, Selasa, 8 Oktober.

Asdo menyampaikan bahwa kerja sama yang saling menguntungkan ini dapat meningkatkan keterampilan sumber daya manusia (SDM) KAI Commuter dalam perawatan sarana KRL.

Adapun sebelumnya, KAI Commuter bersama Komisaris dan Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo berkesempatan mengunjungi Nabtesco Kobe Factory di Jepang tahun lalu. Kedatangan Didiek untuk membahas rencana kerja sama ini, dengan aspek pelatihan yang fokus pada aspek Manajemen Produksi, Etos Kerja, dan Transformasi Digital.

“KAI Commuter akan segera mengirimkan para pegawai untuk menjalani pendidikan dan pelatihan untuk menambah pengetahuan tentang perawatan, troubleshooting system pengereman, pintu kereta api, serta bidang lainnya yang relevan,” katanya.

Asdo juga menambahkan bahwa penandatanganan MoU ini bertujuan untuk mengembangkan kerja sama dalam bidang perkeretaapian dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada.

“Jadi, nantinya secara rutin akan dilakukan pertemuan dan pembahasan dengan Nabtesco Corporation untuk pertukaran informasi dan evaluasi pelaksanaan MoU ini,” ucapnya.

Selain kerja sama bidang pendidikan dan pelatihan, Asdo bilang dalam lima tahun terakhir KAI Commuter juga telah melakukan kerja sama dengan Nabtesco Corporation dalam bidang Suku Cadang Maintenance dan Pengadaan Alat Sarana Kereta, dengan total nilai kontrak sekitar 148 juta Yen.

Nabtesco Corporation sendiri merupakan produsen suku cadang kereta api terkemuka, salah satunya sarana EMU (KRL) yang dimiliki KAI Commuter, seperti KRL seri 05 Tokyo Metro, 7000 Tokyo Metro, 6000 Tokyo Metro, 205 JR, 203 JR dan 8000 Tokyu.

Dengan kerja sama ini, sambung Asdo, KAI Commuter berharap untuk dapat terus belajar bagaimana melakukan perawatan rangkaian KRL dari Jepang yang dimiliki KAI Commuter.

“KAI Commuter mengucapkan terima kasih atas kerja sama dengan Nabtesco Corporation yang sudah dilakukan dan berjalan dengan baik. Kerja sama ini dilakukan untuk kemajuan perkeretaapian di Indonesia, selain juga untuk dapat lebih baik dalam melayani pengguna Commuter Line,” tutup Asdo.