Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter menambah 10 perjalanan kereta KRL pada hari ini.

Penambahan perjalanan kereta ini sebagai antisipasi peningkatan penumpang mengingat terdapat agenda Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW bersama Ustazah Halimah Alaydrus.

Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW ini digelar di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Bersamaan dengan itu, ada juga agenda penyampaian aspirasi massa Aliansi Rakyat Bela Palestina di area Monas.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengatakan, tingginya antusiasme masyarakat hadir ke lokasi kegiatan ini, KAI Commuter mengambil langkah menambah perjalanan kereta.

“Maka itulah, hari ini kami menambah 10 perjalanan Commuter Line mulai pagi hingga malam nanti, serta penambahan personel pengamanan di area stasiun,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu, 6 Oktober.

Joni bilang, penambahan yang dilakukan merupakan langkah antisipasi tingginya animo masyarakat, juga untuk melayani pengguna dengan nyaman, dan mengurangi kepadatan di stasiun-stasiun yang berlokasi di dekat tempat kegiatan berlangsung.

Sedangkan terkait jumlah personel pengamanan dari internal dan unsur TNI, sambung Joni, juga ditambah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna, dan agar arus penumpang dapat teratur.

“Petugas di stasiun juga akan melakukan penyekatan di hall stasiun untuk pembatasan kepadatan di peron stasiun. Ini harus dilakukan untuk keamanan dan keselamatan pengguna Commuter Line,” katanya.

Di Stasiun Juanda, sambung Joni, KAI Commuter menyiagakan 30 personel petugas pengamanan. Sedangkan di Stasiun Gondangdia penambahan petugas pengamanan sebanyak 23 personel.

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan, mengikuti arahan dan instruksi dari petugas di stasiun.

“Terlebih bagi pengguna yang membawa anak, pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan selama dalam perjalanan, dan tidak memaksakan berada di tengah kerumunan,” ujar Joni.

Joni mengingatkan bagi pengguna yang menunggu di area peron, agar selalu mendahulukan pengguna yang akan keluar, serta berdiri tidak melewati garis aman dan menghalangi pengguna yang akan keluar dari dalam Commuter Line.

“KAI Commuter juga mengimbau masyarakat dan jadilah pengguna yang tertib dengan mengutamakan keselamatan bersama,” ujar Joni.

Berikut daftar KAI Commuter tambahan untuk relasi Jakarta Kota-Bogor:

- Commuter Line No. 1227B relasi Bogor - Jakarta Kota

- Commuter Line No. 1228B relasi Jakarta Kota - Bogor

- Commuter Line No. 1289B relasi Bogor - Jakarta Kota

- Commuter Line No. 1290B relasi Jakarta Kota - Bogor

- Commuter Line No. 1349C relasi Bogor - Jakarta Kota

- Commuter Line No. 1350B relasi Jakarta Kota - Bogor

- Commuter Line No. D1/1397C relasi Depok - Jakarta Kota

- Commuter Line No. D1/1398C relasi Jakarta Kota - Bogor

- Commuter Line No. D1/1457C relasi Bogor - Jakarta Kota

- Commuter Line No. D1/1338C relasi Jakarta Kota - Bogor