Sri Mulyani Asyik Menikmati Srikaya: Nikmat Apa yang Engkau Dustakan?
Menteri Keuangan Sri Mulyani tengah menyantap srikaya (Foto: Tangkap layar @smindrawati)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani membagikan momen personal melalui laman Instagram-nya @smindrawati pada kesempatan libur panjang akhir pekan ini.

Dalam unggahannya, bendahara negara itu membagikan foto ketika menyantap buah srikaya yang menjadi salah satu makanan favorit ketika berusia belia.

“Waktu kecil saya senang makan srikaya. Rasanya eksotik, manis, dan unik serta asik dengan biji yang dikulum di mulut,” ujarnya, Sabtu, 3 April.

Usut punya usut, ternyata buah tersebut merupakan varietas spesial hasil perkebunan salah satu sentra produksi di Jawa Timur. Tidak hanya itu, dia juga terlihat tengah menikmati secangkir kopi asli Indonesia.

“Pernah makan buah srikaya jumbo dari Jember ditemani kopi Ciwidey? Spektakuler nikmatnya,” kata Sri Mulyani.

Secara khusus, birokrat yang pernah menduduki kursi penting di Bank Dunia itu memberikan apresiasi tersendiri terhadap kemampuan petani lokal dalam menghasilkan kualitas unggulan.

“Srikaya Jumbo budidaya petani Jember, Jawa Timur ini hebat!” tegasnya.

Tidak cukup sampai disitu, Menkeu kembali berbagi informasi lain soal buah lokal yang juga menjadi kegemarannya.

“Alpukat kesukaan saya. Selain lezat, buah ini juga sehat bila dinikmati sendiri atau ditemani roti bakar. Alpukat dicampur kelapa muda menjadi es teler yang tidak pernah gagal. Rasanya wow,” kata dia.

Kali ini, Sri Mulyani melemparkan pujian kepada salah satu pusat produksi alpukat di wilayah Jawa lainnya.

“Pernah dengar alpukat Pameling budidaya petani Kecamatan Lawang – Malang? Keren hasil petani Malang,” imbuhnya.

Namun, jika sedang melakoni aktivitas padat sebagai Menteri Keuangan RI, dia lebih senang untuk mengkonsumsi buah pisang lantaran dianggap  memiliki sifat yang praktis dan berkandungan gizi tinggi.

“Pisang adalah teman setia yang selalu dapat diandalkan. Dimakan langsung sangat sehat, dibuat kolak pisang untuk buka puasa juga mantap. Awesome,” sebutnya.

Ternyata, unggahan itu merupakan wujud terima kasih Sri Mulyani kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang telah mengirimkan sejumlah komoditas perkebunan lokal asal kawasan timur pulau Jawa tersebut.

“Maturnuwun Bu Khofifah,” pesan Menkeu disertai simbol salam dua tangan.

Pada akhir caption, dia menuliskan bahwa negara ini mempunyai potensi luar biasa untuk menghasilkan berbagai komoditas pertanian dan perkebunan penting. Dia juga mengajak kepada masyarakat untuk meningkatkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan, utamanya yang berasal dari petani lokal.

“Indonesia sungguh kaya akan berbagai hasil tanaman pangan dan buah. Nikmat apa yang engkau dustakan?” tutup Sri Mulyani.