Bagikan:

JAKARTA - Pipa gas transmisi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap 2 ruas Batang - Cirebon - Kandang Haur secara resmi telah mulai dibangun.

Kemeterian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Kementerian ESDM Laode Sulaeman mengaku optimis proyek ini akan rampung dalam 18 bulan.

"Kita optimis (selesai dalam 18 bulan) karena kita mempunyai strategi," ujar Laode dalam Energy COrner yang dikutip Jumat, 4 Oktober.

Laode menjabarkan, strategi yang dilakukan untuk mempercepat pembangunan pipa gas ini adalah dengan melibatkan 24 sub-tim yang akan mengerjakan pipa gas secara paralel sepanjang 245 km.

"Segmen 245 km ini tidak kita kerjakan serial mulai dari sini kita sambung-sambung, tapi kita bagi menjadi 4 ruas utama dan melibatkan 24 sub tim. Jadi sepanjang 245 km ada 24 sub team. Tujuannya nanti bisa selesai tepat waktu jadi kerjanya paralel itu strateginya," beber Laode

Ia menjelaskan, pembangunan Pipa Cisem II ini merupakan langkah strategis pemerintah untuk menghubungkan jaringan transmisi pipa gas bumi transmisi dari Jawa Timur hingga Sumatera, dengan yang sudah terpasang yakni jaringan Gresik-Semarang (Gresem), disambungkan dengan Cisem yang tersambung dengan jaringan Sumatera Selatan ke Jawa Barat (SSWJ), dan ke depannya juga akan dibangun jaringan pipa gas bumi Dumai - Sei Mangkei (Dusem) di Sumatera.

Lebih lanjut Laode menyebut, pipa gas ini tidak hanya akan mengalirkan gas dari Lapangan Jambaran Tiung Biru (JTB) tapi juga Wilayah Kerja (WK) Muria, WK Pertamina EP, WK Cepu, WK Tuban, WK Kangean.

"Ketapang kemudian Madura Offshore, Madura Strait, jadi banyak sebenarnya," sambung dia.

Untuk informasi, dalam proyek pipa gas cisem tahap II ini, anggaran yang digelontorkan sebesar Rp2,7 triliun dari APBN yang akan dikerjakan selama 18 bulan selama tiga tahun. Sehingga ditargetkan selesai Kuartal I tahun 2026 mendatang.

Penerima manfaat dari pembangunan proyek Cisem II adalah Kilang Balongan, berbagai industri di wilayah Jawa Barat, Jargas rumah tangga, serta tambahan kebutuhan dari Pupuk Kujang. Keberadaan proyek Cisem Tahap II akan melengkapi Cisem Tahap I dengan panjang 60 km dimana selesai dibangun pada tahun 2023 dan sudah beroperasi untuk memasok kebutuhan gas bumi di Kawasan Industri Kendal per 17 November 2023, serta Kawasan Industri Batang per 27 Juli 2024.