Bagikan:

JAKARTA - Jalan Tol Jogja-Solo adalah bagian dari jaringan Tol Trans-Jawa yang lebih luas, bertujuan untuk memperbaiki konektivitas antara berbagai kota besar di Pulau Jawa.

Jasamarga Jogja Solo menyampaikan, bahwa sebagian konstruksi Jalan Tol Jogja–Solo Tahap 1 segmen Kartasura–Klaten sepanjang 22,3 kilometer (km) telah selesai.

Infrastruktur tol itu juga dinyatakan aman digunakan oleh pengguna jalan lantaran telah melalui rangkaian uji laik fungsi pada 11-13 September 2024.

Tol Jogja–Solo resmi mendapatkan Sertifikat Laik Fungsi dan Sertifikat Laik Operasi yang menjadi bukti bahwa jalan tol ini telah memenuhi standar keselamatan, teknis dan operasional yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta Korlantas Polri.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Rudy Hardiansyah mengatakan, bahwa selama proses konstruksi, kontraktor dan konsultan pengawas telah melakukan serangkaian pengujian teknis untuk memastikan mutu beton serta pemenuhan standar desain yang direncanakan.

Setelah melewati tiga tahun masa pembangunan, Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten kini siap beroperasi dengan kondisi infrastruktur yang memenuhi standar keselamatan.

"Dengan mempertimbangkan perubahan alami akibat suhu, cuaca dan beban kendaraan, kami tetap memastikan bahwa kualitas beton dan infrastruktur jalan tol ini tetap terjaga. Pemeriksaan secara berkala juga akan terus dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," ujar dia melalui keterangan resminya, dikutip Kamis, 19 September.

Untuk menjaga keamanan dan kualitas layanan, PT JMJ melakukan pemeriksaan rutin terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Pemeriksaan ini mencakup kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas, keselamatan hingga pelayanan pertolongan dan penyelamatan di sepanjang koridor jalan tol.

"Langkah ini merupakan komitmen PT JMJ dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna Jalan Tol Jogja-Solo," ucapnya.

PT JMJ juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu memastikan kendaraan dalam kondisi prima, saldo uang elektronik cukup dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan. Penting untuk berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas.

Jika membutuhkan bantuan atau informasi lebih lanjut mengenai Jalan Tol Jogja-Solo, pengguna jalan dapat menghubungi One Call Center 24 jam di nomor 14080 atau menggunakan aplikasi Travoy yang tersedia untuk pengguna iOS dan Android.