Bagikan:

JAKARTA - PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) mengumumkan raihan laba bersih sepanjang semester I-2024.

Direktur & Chief Operating Officer Medco Energi Ronald Gunawan mengatakan, MEDC membukukan laba bersih 201 juta dolar AS atau setara Rp3,1 triliun (Kurs Rp15.438 per dolar AS) sepanjang semester I 2024.

"Pada semester pertama tahun 2024 laba bersih kami sebesar 201 juta dolar AS atau lebih tinggi dibandingkan semester pertama tahun sebelumnya," ujarnya dalam Public Expose, Senin, 26 Agustus.

Ronald mengatakan, raihan laba beraih ini ditopang oleh peningkatan laba Amman Mineral sebesar 99 juta dolar AS.

"Selain itu kontribusi yang baik dari bisnis minyak dan gas akibat harga yang lebih tinggi, sambung Ronald.

Pada kesempatan yang sama Ronald juga memaparkan, MEDC berhasil menyelesaikan divestasi blok migas di Vietnam dan Libya dengan hasil kas sebesar 120 juta dolar AS.

"Hasil semester pertama tahun 2024 kami sangat baik didukung oleh kinerja operasional yang kuat agar komoditas yang lebih tinggi dan tentu saja peningkatan kontribusi laba dari Amman, EBITDA kami sebesar 650 juta dolar AS untuk semester pertama tahun 2024 lebih tinggi dari periode yang sama di tahun 2023 sebesar 634 juta USD," beber dia.

Ronald bilang, hal ini dipengaruhi oleh harga minyak bumi dan gas alam yang lebih baik sehingga mampu menutup pengurangan hak kelola koridor setelah perpanjangan skema bagi hasil atau Product Sharing Contract (PSC).

"Pada semester pertama tahun 2024 rata-rata realisasi harga minyak bumi yang kami capai adalah 81 dolar AS per barel," pungkas Ronald.