Bagikan:

JAKARTA - Swiss-Belhotel resmi masuk ke dalam kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kalimantan Timur.

Hal tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundreaking hotel Swiss-Belhotel Nusantara.

Peletakan batu pertama Swiss-Belhotel Nusantara tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di IKN, Kalimantan Timur, dikutip dari YouTube Sekretarian Presiden, Senin, 12 Agustus.

“Bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini peletakan batu pertama grounbreaking pembangunan Swiss-Belhotel Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur secara resmi saya nyatakan dimulai,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, desain Swiss-Belhotel Nusantara ini sudah sesuai dengan konsep IKN, Kalimantan Timur yang mengusung tema kota hutan atau forest city.

“Saya lihat tadi desain dari hotel Swiss-Belhotel Nusantara sangat bagus sudah menyesuaikan dengan konsep Ibu Kota Nusantara yaitu forest city dan tentu saja sudah keluar dari kurasi Ridwan Kamil. Pak Ridwan Kamil sudah mengacungi jempol berarti sangat baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi bilang Swiss-Belhotel Nusantara ini akan memiliki 197 kamar, dan pembangunamnya akan diselesaikan dalam kurun waktu hanya 15 bulan.

“Swiss-Belhotel ini tadi Pak Sonny menyampaikan kepada saya akan dibangun 197 kamar yang akan diselesaikan beliau yang menyampaikan kepada saya, saya tanya kurang lebih dikerjakan 15 bulan akan selesai,” jelasnya.

Jokowi pun memastikan akan menginap di Swiss-Belhotel Nusantara nanti meskipun sudah tidak lagi menjabat sebagai orang nomor satu di Indoensia. Adapun masa jabatan Jokowi akan berakhir pada 20 Oktober 2024.

“Jadi Pak Sonny, nanti saya ke sini menginap. Sudah tidak sebagai presiden, itu sudah berarti sudah jadi, 15 bulan. Dan akan saya lihat terus meskipun saya enggak jadi presiden, akan saya ikuti terus,” ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap, infrastuktur penunjang IKN segera dibangun agar dapat memudahkan akses menuju Swiss-Belhotel Nusantara.

“Kita harapkan juga untuk fasilitas-fasilitas infrastruktur nanti akan segera akan dikerjakan oleh OIKN, oleh pemerintah, baik berupa jalan akses menuju ke Swiss-Belhotel, kemudian listrik dan air segera akan disiapkan. Sehingga semuanya akan komplet pada saat hotel ini sudah selesai dibangun,” katanya.