Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama Kabinet Indonesia Maju mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meninjau embung di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Dikutip dari unggahan video di akun Instagram resminya @sandiuno, Senin, 12 Agustus, Sandiaga tampak sedang berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menteri yang kerap disapa Sandi itu pun bertanya ke Basuki terkait  adanya tempat olahraga ringan seperti lari pagi atau jogging di sekitar embung.

"Pak, 60 embung ini perkiraan Pak Bas bisa dijadiin tempat jogging track enggak? tanya Sandi ke Basuki.

Lalu, Basuki pun menjawab 'Oh iya seperti ini, nih. Ini, kan, jogging track. Ini sudah nyambung semua. Jadi, ini luasnya 8 hektare (ha). Kalau panjangnya, ya, kita lihat nanti," kata Basuki.

Kemudian, Sandi bilang ke Basuki kalau dirinya baru saja mengecek kualitas udara di IKN.

Hasilnya menunjukkan IKN memiliki kualitas udara yang bagus dibandingkan Jakarta.

"Saya baru cek kualitas udaranya 6 pak. Ini dibandingin Jakarta 174, jauh banget. Saya pikir mungkin nanti ada event maraton kali Pak (Basuki) di sini," ujarnya.

"Betul, iya," jawab Basuki.

Menurut Basuki, ada 30 embung yang akan diselesaikan hingga akhir tahun ini.

"Oktober sampai Desember (2024) kita akan jadi 30 embung. 30 embung sampai Desember 2024," tuturnya.

Sandi menambahkan, embung-embung ini nantinya diproyeksikan dapat meningkatkan kualitas udara dan menurunkan suhu di kawasan IKN.

"Selain itu, kawasan embung ini juga akan dilengkapi jogging track dengan estimasi jarak 10 kilometer (km)," imbuhnya.