Bagikan:

PENAJAM PASER UTARA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, saat ini air bersih mulai masuk ke persil-persil di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Seperti diketahui, Persil adalah sebidang tanah dengan batas-batas tertentu.

"Berkaitan dengan air bersih, air bersih sekarang sudah masuk ke persil-persil," ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga kepada wartawan di Bendungan Sepaku Semoi, Jumat, 9 Agustus.

Meski sudah mulai masuk ke persil-persil, namun Danis menyebut bahwa saat ini tengah berlangsung proses quality assurance. Hal ini untuk memastikan bahwa air tersebut sudah layak minum.

"Kami itu dalam rangka proses quality assurance. Ini adalah suatu rangkaian untuk memastikan bahwa sampai ke keran itu merupakan air yang bisa diminum," ucapnya.

Danis mengatakan, untuk mendapatkan air dengan kualitas bisa langsung minum harus mendapatkan kepastian juga dari pihak ketiga. Dalam hal ini PT Sucofindo.

"Dan kepastian ini akan didapat kalau kita certified (tersertifikasi) oleh pihak ketiga, bukan kami yang mengatakan itu," tegasnya.

Menurut Danis, saat ini proses tersebut sedang berlangsung dan akan selesai beberapa hari ke depan. "Ini membutuhkan proses beberapa hari ke depan dan sedang berlangsung saat ini," imbuhnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja menyebut, bahwa air bersih bakal mulai terdistribusi secara keseluruhan di gedung-gedung Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus mendatang.

Hal tersebut disampaikan Endra saat ditemui wartawan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 31 Juli.

"Ini kami lagi upayakan tanggal 17 (Agustus 2024) semua sampai," ujar dia.

Endra memastikan, air bersih tersebut sudah dapat dimanfaatkan pada 17 Agustus nanti.