Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah menyebut, penyelenggaraan Jakarta Internasional Investment, Trade, Tourism and SME Expo (Jitex) 2024 menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mendukung pelaku usaha di tengah situasi global yang tidak menentu.

"Acara Jitex 2024 ini menunjukkan bahwa Pemprov DKI sangat gercep (gerak cepat) bahasanya, sangat cepat sekali untuk mendukung pelaku usaha di dalam situasi global yang tidak menentu. Antisipasinya adalah perkuat perdagangan dalam negeri, terutama Jakarta," ujar Budihardjo dalam sambutannya pada acara JITEX 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu, 7 Agustus.

Pria yang akrap disapa Budi ini mengatakan, Jakarta masih menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan sampai dengan saat ini sebelum adanya perpindahan ibu kota.

Budi bilang, untuk mendongkrak hal tersebut, maka diperlukan banyak investor dan pembeli bertaraf internasional atau buyer international.

"Jakarta masih menjadi ibu kota dan kami percaya Jakarta dengan segala fasilitasnya membutuhkan banyak investor dan international buyer datang ke Indonesia melalui Jakarta untuk melakukan business dan lain sebagainya," katanya.

Sesuai dengan tema yang diusung, yakni tourist dan trade, Budi bilang para buyer akan diajak untuk melihat pameran di pagi hari dan bisa melakukan aktivitas belanja atau berburu kuliner di malam harinya.

"Konteksnya dalam hal ini adalah kami mendukung gerakan beli buatan Indonesia. Di dalam beli buatan Indonesia ini, kami mempunyai keinginan tidak hanya membuat produk Indonesia dikenal oleh orang luar negeri maupun dalam negeri. Namun, membuat merek lokal kami juga ke luar negeri," tuturnya.

Dengan demikian, lanjut Budi, para buyer dapat melihat bahwa barang buatan Indonesia ini bagus. "Makanya diadakan pameran hari ini, termasuk agar mereka berbelanja di Indonesia saja. Agar mereka berbelanja di Indonesia, kami membutuhkan pameran-pameran yang mendatangkan turis atau buyer tadi, percaya bahwa merek-merek kami bagus," imbuhnya.

Adapun event pameran Jitex 2024 merupakan salah satu pameran internasional produk lokal dan UMKM yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

Pameran ini sendiri berlangsung mulai 7 Agustus hingga 11 Agustus 2024 yang berlokasi di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Adapun pameran ini dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB.