Bagikan:

JAKARTA - Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) siap mengisi gedung-gedung pemerintahan yang bakal ditinggal pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah menilai, gedung-gedung pemerintahan itu dapat dialihfungsikan menjadi pusat kuliner atau supermarket. Sehingga, tidak ada aset pemerintah yang terbengkalai setelah pemerintahan pindah ke IKN nanti.

"Kami juga siap untuk mengisi tempat-tempat kosong kalau nanti benar kementerian dan lembaga akan pindah, mungkin tempatnya kami isi sebagai restoran, supermarket atau menjadi pusat kuliner," kata Budiharjo saat ditemui dalam acara konferensi pers Jakarta International Investment, Trade, Tourism dan SME Expo (Jitex) 2024 di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 17 Juli.

Selain itu, Budiharjo juga menyampaikan kesiapan Hippindo sebagai asosiasi pengusaha ritel penyewa pusat perbelanjaan untuk berinvestasi dan mengisi ruang-ruang yang bakal kosong tersebut.

Dia juga memastikan pihaknya juga mendukung ritel di transportasi umum, seperti di PT MRT Jakarta.

"Hippindo akan berinvestasi di situ. Di MRT juga, kan, ada anggota-anggota kami," ucap dia.

"Kami memang kalau lokasinya bagus, misalnya di dekat stasiun kereta api ada tempat, kami akan coba bikin minimarket, apotek, tempat kopi, bisa. Kami siap," tambahnya.

Meski begitu, Budihardjo masih enggan memberikan informasi secara spesifik mengenai jumlah investasi yang akan digelontorkan pihaknya untuk hal tersebut.