Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan memimpin langsung upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Rencananya, bakal ada sejumlah tamu VVIP yang hadir dalam peringatan upacara tersebut.

Lantas, apa saja rekomendasi tempat wisata di dekat IKN untuk bisa dinikmati oleh tamu-tamu kenegaraan yang hadir nantinya?

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, sedikitnya ada lima rekomendasi tempat wisata di IKN. Hal itu sebagaimana dikutip dari Instagram resmi Kementerian PUPR @kemenpupr pada Rabu, 17 Juli.

Pertama, Hutan Mangrove Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Hutan Mangrove Mentawir memiliki luas wilayah sekitar 2.300 hektare (ha). Ekowisata ini menyajikan keindahan alam yang dapat dinikmati sembari berjalan kaki atau menggunakan perahu yang disewakan.

Hutan Mangrove Mentawir telah menjadi sumber ekonomi bagi warga sekitar, salah satunya dengan menghasilkan produk olahan buah mangrove berupa sirup, dodol hingga bedak dingin.

Kedua, Gua Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Gua Tapak Raja berjarak sekitar 30 kilometer (km) dari Titik Nol IKN. Agrowisata ini menyuguhkan keindahan gua yang dikelilingi pepohonan asri dengan luas sekitar dua ha. Saat ini, Kementerian PUPR tengah membangun jalan menuju Gua Tapak Raja.

Ketiga, Bukit Bangkirai di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Dengan luas lebih dari 100 ha, Bukit Bangkirai merupakan hutan tropis yang menjadi habitat bagi beberapa hewan dilindungi. Di tempat ini, para wisatawan dapat berjalan di jembatan dengan ketinggian hampir 50 meter (m) sembari menikmati pemandangan alam.

Keempat, Gunung Parung di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Gunung Parung merupakan puncak tertinggi di IKN dengan ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut.

Gunung ini menyajikan pemandangan hutan hijau, sungai, danau hingga Teluk Balikpapan yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Selain itu, Gunung Parung juga menyimpan kekayaan flora dan fauna endemik seperti, bengkirai, meranti, orangutan, monyet, burung dan lain-lain.

Kelima, ada Air Terjun Tembinus di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Terletak di dalam hutan, wisata Air Terjun Tembinus dengan ketinggian 25-30 m cocok bagi wisatawan yang menyukai adrenalin dan berjiwa petualang. Adapun air terjun ini masih tergolong aman.

Para wisatawan dapat melewati tebing bebatuan berlapis-lapis yang tersusun rapi dan menikmati kolam besar alami yang diapit oleh bebatuan besar.