Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan untuk anggaran makanan bergizi gratis (MBG) telah dialokasikan sebesar Rp71 triliun yang merupakan program andalan Pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sri Mulyani menyampaikan terkait detail pelaksanaan program tersebut seperti anggaran per porsi dan teknis pelaksanaan akan disampaikan oleh Pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih.

"Mengenai detailnya nanti adalah presiden terpilih terus melakukan persiapan dengan timnya untuk pelaksanaannya," ujar Sri Mulyani usai rapat terbatas Rencana Kerja Pemerintah dan RAPBN tahun 2025 di Kantor Presiden Jakarta, Senin, 5 Agustus.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani menyampaikan berdasarkan arahan Presiden Jokowi bahwa APBN 2025 harus dapat menampung program-program prioritas yang sudah disampaikan oleh pemerintahan presiden terpilih, seperti program makanan bergizi gratis dan beberapa program inisiatif baru yang sekarang ini sedang difinalkan dengan tim dari presiden terpilih.

"Ini sudah masuk dalam postur APBN 2025. Untuk beberapa policy-policy khusus nanti akan disampaikan Presiden Jokowi maupun presiden terpilih pada saat beliau memulai dari pemerintahan pada Oktober 2024," jelasnya.

Sri Mulyani menambahkan bahwa proses transisi saat ini berjalan dengan baik, komunikasi berjalan intens antara pemerintah sekarang dan presiden dan wakil presiden terpilih.

"Dan juga mengenai program-program detail sudah mulai kita tampung dan nanti akan dituliskan dalam nota keuangan," katanya.

Selain itu, Sri Mulyani menyampaikan terkait kebijakan gaji PNS hal tersebut akan disampaikan pemerintahan terpilih berikutnya.

"Nanti juga presiden terpilih akan menyampaikan. Kita nanti akan lihat di dalam APBN dan kesepakatan dari presiden terpilih dengan presiden saat ini," jelasnya.