Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, industri pakaian jadi mengalami kontraksi selama dua tahun terakhir.

Hal tersebut disampaikan Agus saat membuka acara Pameran Indonesia Sport and Active Wear (ISAW) 2024 di Gedung Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, Rabu, 31 Juli.

"Sektor industri pakaian jadi yang dalam dua tahun terakhir ini saya harus jujur mengalami kontraksi karena tantangan luar biasa dari lesunya pasar global dan juga pasar domestik," ujar Agus.

Agus menambahkan, industri pakaian jadi mengalami kontraksi sebesar 3 persen sampai dengan triwulan I-2024.

"Jadi, pada PDB industri pengolahan nonmigas di triwulan I-2024, saya sampaikan kontraksi 3 persen dibandingkan periode yang sama atau year on year pada 2023," katanya.

Dia menyebut, Pameran ISAW 2024 merupakan wujud nyata peran dari Kemenperin untuk memacu pengembangan industri alat olahraga maupun industri pendukungnya.

Dengan demikian, apabila pertumbuhan sektor industri pakaian olahraga terus meningkat, nantinya akan berdampak pula terhadap bangkitnya industri pakaian jadi dalam negeri.

"Saya juga berharap langkah-langkah yang cepat dan jitu untuk mengakselerasi pertumbuhan sektor industri pakaian olahraga ini, khususnya bersama-sama dapat berkontribusi untuk membangkitkan kembali sektor industri pakaian jadi yang dalam dua tahun terakhir ini mengalami kontraksi," ungkapnya.