Bagikan:

JAKARTA - PT Pegadaian meluncurkan program gadai bebas bunga untuk maksimal pinjaman hingga Rp2,5 juta. Program tersebut menyasar usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan juga mahasiswa.

Adapun progam tersebut bernama Gadai Peduli. Selama periode 1 Agustus hingga 30 September 2024, UMKM maupun mahasiswa bisa mengajukan pinjaman bebas bunga.

“Di bulan Agustus ini kami ada Gadai Peduli yang bebas bunga sampai Rp2,5 juta. Itu bisa kami berikan me masyarakat, ayo ke Pegadaian,” ujar Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan saat konferensi pers, di The Gade Tower Jakarta, Selasa, 30 Juli.

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian, Elvi Rofiqotul Hidayah mengatakan nilai pinjaman yang bisa diajukan mulai Rp50.000 sampai Rp2,5 juta.

“Segmennya kami berharap masyarakat yang membutuhkan pembiayaan terutama untuk gadai, pinjaman sampai Rp2,5 juta. Terutama untuk memberikan kemudahan kepada UMKM yang pascacovid masih mengalami hambatan,” kata Elvi.

Elvi mengatakan pinjaman itu ditujukan sebagai modal usaha kecil-kecilan bagi pelaku UMKM. Melalui program ini, diharapkan akan mempermudah pelaku UMKM dalam mengakses permodalan untuk mengembangkan usaha.

Selain kepada pelaku UMKM, Elvi mengatakan bahwa program Gadai Peduli ini juga ditujukan untuk modal mahasiswa yang mendapatkan tugas proyek wirausaha.

“Misalnya untuk modal kerja gorengan, cilor, mungkin nasi goreng makanan lah, itu bisa dengan Rp2,5 juta saya yakin cukup. Kemudian segmen kedua itu mahasiswa dengan paket merdeka diminta untuk melakukan entrepreneurship. Ini bisa jadi modal untuk mahasiswa menjadi pengusaha dengan kreativitas,” ucap Elvi.

Lebih lanjut, Elvi menjelaskan jangka waktu alias tenor pinjaman yang ditawarkan dalam program Gadai Peduli ini hanya dua bulan. Namun, Pegadaian meyakini nasabah bisa mengembalikan pinjaman tepat waktu.

“Kalau nilainya mulai berapa? Mulai Rp50.000 sampai Rp2,5 juta free selama 60 hari. Tentu kalau 60 hari dia jualan, saya yakin bisa mengembalikan pinjaman tersebut,” katanya.