Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Yuliot Tanjung jadi Wakil Menteri (Wamen) Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada hari ini.

Setelah mengemban jabatan baru tersebut, Yuliot ingin memastikan bahwa iklim investasi di Tanah Air lebih baik dan target-target yang ingin dicapai oleh Kementerian Investasi/BKPM bisa terselesaikan.

"Dengan penunjukkan kami sebagai Wakil Menteri Investasi, kami akan memprioritaskan bagaimana iklim investasi lebih baik dan juga capaian target-target itu bisa tercapai pada tahun 2024," ujar Yuliot saat ditemui di kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta, Kamis, 18 Juli.

Dia menambahkan, bahwa dirinya akan berfokus pada percepatan investasi sekaligus memperbaiki layanan di sistem online single submission atau OSS.

"Kami akan (melakukan) perbaikan-perbaikan percepatan layanan investasi, termasuk di sistem OSS. (Fokus) kami untuk percepatan investasi," katanya.

Berdasarkan informasi dari Staf Khusus Kementerian Investasi/BKPM Tina Talisa, sebelum dilantik sebagai Wakil Menteri Investasi, Yuliot menempati jabatan fungsional sebagai Penata Kelola Penanaman Modal Ahli Utama Kementerian Investasi/BKPM.

Yuliot juga sempat menjabat sebagai Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal sejak September 2023 hingga Juni 2024.

Semasa di kedeputian tersebut, Yuliot fokus pada pencapaian realisasi investasi dan fasilitasi penyelesaian permasalahan investasi yang dihadapi oleh perusahaan.

Tak hanya itu, Yuliot juga pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal sejak Oktober 2020-September 2023.

Karier Yuliot semasa di Kementerian Investasi/BKPM berawal pada 1988, yang kemudian menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan BKPM di Taiwan, Kepala Biro Perencanaan dan Informasi, Direktur Promosi Dalam Negeri, Direktur Pengendalian Pelaksanaan Wilayah II dan Direktur Deregulasi.

Lahir pada 7 Oktober 1963 di Padang Panjang, Sumatera Barat, Yuliot merupakan lulusan Sarjana Produksi Ternak Universitas Andalas dan Magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen PPM.