Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya melakukan revitalisasi Pasar Jailolo di Halmahera Barat, Maluku Utara, dengan menggunakan APBN TA 2023-2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini progres pembangunan Pasar Rakyat Jailolo telah mencapai 97,6 persen. 

 "Pasar ini dibangun pada September 2023 dan ditargetkan selesai pada Juli 2024," ujar Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Kamis, 18 Juli.

Rekonstruksi dan rehabilitasi Pasar Rakyat Jailolo akan mengadopsi konsep Rumah Adat Sasadu dengan ornamen beberapa kain khas yang ada di Maluku Utara. 

Pekerjaan ini terbagi menjadi tiga bangunan yakni, gedung Blok A dan Blok C dilakukan rekonstruksi bangunan baru. Sementara Blok B hanya dilakukan rehabilitasi gedung. Gedung Blok A seluas 2.016 meter persegi diperuntukkan sebagai pasar sayur, Blok B seluas 1.276 meter persegi difungsikan sebagai kios sembako dan Blok C seluas 1.848 meter persegi digunakan sebagai pasar ikan dan kios.  

Adapun lingkup pekerjaan meliputi pekerjaan persiapan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3), pekerjaan struktur (Blok A & Blok C), pekerjaan arsitektur dan MEP untuk Blok A, Blok B dan Blok C. 

"Pembangunan dan rehabilitasi Pasar Rakyat Jailolo ini dikerjakan oleh kontraktor PT Cimendang Sakti Kontrakindo dan manajemen konstruksi oleh PT Estik Griya Konsultan dengan nilai kontrak Rp49,1 miliar," katanya.

Sementara itu, Bupati Halmahera Barat James Uang mendukung penuh desain pasar yang mengadopsi kearifan lokal Maluku Utara. "Pemda Halmahera Barat sangat setuju dengan bentuk bangunan pasar yang mengadopsi bentuk Sasadu. Rumah Adat Sahu ini penting sebagai upaya merawat nilai-nilai kearifan lokal yang kami miliki," tuturnya.

Diharapkan melalui rekonstruksi dan rehabilitasi Pasar Rakyat Jailolo dapat meningkatkan perekonomian lokal, khususnya pada sektor kegiatan jual beli di Kabupaten Halmahera Barat. Di samping itu, diharapkan juga dapat mewujudkan pasar rakyat yang nyaman, bersih, rapi dan terintegrasi.