Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah 30 emiten yang terafiliasi konglomerat, seperti Prajogo Pangestu (BRPT) hingga Grup Sinarmas, akan membayarkan dividen kepada pemegang sahamnya di pekan ketiga Juli 2024. Analis melihat hal ini dapat memberikan dampak positif untuk Indeks Harga Saham Gabungan pekan ini.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menjelaskan pembayaran dividen ini berpotensi memberikan penguatan terhadap indeks harga saham gabungan (IHSG). Meski demikian, dia melihat IHSG secara teknikal memiliki kemungkinan untuk mengalami koreksi.

"Perhatikan juga saham-saham yang akan memberikan dividen nanti seperti apa secara perhitungannya," ujar Nico, dalam risetnya, dikutip Senin 15 Juli.

Nico juga menuturkan pelaku pasar harus melihat siapa emiten yang membagikan dividen tersebut. Hal tersebut menurutnya menjadi penting karena akan berpengaruh terhadap seberapa besar ekspektasi pelaku pasar dan investor terhadap saham tersebut.

"Secara garis besar, dividen akan memberikan sentimen positif kepada pelaku pasar dan investor," ucap Nico.

Sementara itu Phintraco Sekuritas memprediksi IHSG akan menguat pada hari ini, dengan level tertinggi (resistance) 7.400, pivot di 7.350, dan level terendah (support) di 7.300.

"Saham-saham yang dapat diperhatikan meliputi saham bank, ICBP, MAPI, MYOR, INTP, dan ADMR," tulis riset Phintraco Sekuritas.