Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan, meski pasokan dan harga komoditas seperti cabai dan bawang relatif aman, perlu peran masyarakat dalam menjaga ketersediaan dengan melakukan penanaman secara mandiri.

"Mari kita manfaatkan lahan-lahan yang ada di sekitar kita untuk menanam komoditas-komoditas yang menjadi buruan dan paling dicari di pasar, seperti cabai rawit dan bawang, agar ketersediaan stoknya terjaga sehingga harganya pun bisa stabil," kata Pj Wali Kota Tangerang Nurdin, di Tangerang, Banten, dikutip dari Antara, Sabtu 13 Juli.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Nurdin bersama jajaran telah melakukan pemantauan langsung di pasar tradisional terhadap sejumlah komoditas, di antaranya adalah cabai rawit, cabai merah serta bawang putih dan bawang merah.

"Alhmadulillah jika kita amati pasokan dan harga dari komoditas-komoditas yang merupakan faktor penting dalam penentu inflasi tersebut relatif aman," ujarnya.

Ia berharap, stabilnya harga serta tercukupinya komoditas-komoditas penting tersebut dapat membantu menekan laju inflasi dalam masyarakat.

"Namun demikian kita perlu mengingat bahwa komoditas-komoditas tersebut di atas merupakan komoditas musiman, sehingga perlu peran serta masyarakat juga untuk ikut menjaga ketersediaan pasokan bahan-bahan pangan tersebut," ujarnya.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono mengatakan indeks inflasi pada Juni 2024 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengalami penurunan hingga mencapai 2,82 persen.

Pada Maret, indeks inflasi tercatat di angka 3,62 persen, April di angka 3,36 persen, Mei di angka 2,95 persen, dan Juni 2,82 persen.

“Berdasarkan data yang baru dipublikasikan menunjukkan penurunan angka inflasi secara konsisten dalam empat bulan terakhir. Khusus bulan ini, merupakan catatan yang terbaik dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) mencapai 105,98 persen,” kata Ruta pula.