Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) setujui lakukan perjanjian tukar utang untuk reservasi konservasi laut atau Debt Swap to Marine Conservation Reservation agreement bagi Indonesia sebesar 35 juta dolar AS atau Rp565,46 miliar (kurs Rp16.156 per dolar AS).

Persetujuan tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam unggahan Instagram milik pribadinya yaitu @smindrawati saat menerima kunjungan daei US Treasury Department Assistant Secretary for International Trade and Development AS Alexia Latortue, pada Kamis, 11 Juli.

"Tujuannya untuk ikut memperkuat dan menjaga kelestarian laut dan coral yang dilakukan Indonesia melalui berbagai inisiatif," ungkapnya, dikutip Jumat, 12 Juli.

Sri Mulyani menyampaikan Alexia bersama tim Just Energy Transition Partnership (JETP) membahas mengenai perkembangan transisi energi di Indonesia, terutama pendanaan yang mulai mengalir di bidang Renewable Energy atau energi terbarukan.

Adapun, JETP merupakan inisiatif kerja sama di bidang transisi menuju energi rendah karbon. Inisiatif ini diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pertemuan puncak Kepala Negara G20 di Bali (Presidensi G20 Indonesia).

Selain itu, Sri Mulyani menyampaikan JETP didukung oleh berbagai negara, terutama Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Eropa serta didukung oleh Multilateral Development Bank dan pendanaan swasta serta filantropis.

"Kami juga membahas mengenai perkembangan pasar karbon Indonesia," ucapnya.