Bagikan:

JAKARTA - PT Hutama Marga Waskita atau Hamawas telah merampungkan proyek dua ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing-Parapat (Kutepat).

Kedua ruas yang dimaksud yakni, Seksi 2 Tol Kutepat Indrapura-Kuala Tanjung (Seksi 2) sepanjang 18,05 kilometer (km) serta Tol Kutepat Seksi 3 dan sebagian Seksi 4 Tebing Tinggi Serbelawan-Sinaksak sepanjang 10,15 km.

Untuk tahapan selanjutnya, bakal dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 10-12 Juli 2024. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi prima jalan tol sebelum dibuka secara umum.

Dalam siaran persnya, progres dua ruas Tol Kutepat sudah rampung 100 persen sejak Juni 2024. "Dengan selesainya dua ruas baru milik Hamawas, maka operasional jalan tol dapat segera disiapkan," ujar Direktur Utama Hamawas Dindin Solakhuddin dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 9 Juli.

"Segera beroperasinya dua ruas Kutepat ini akan memberikan manfaat untuk masyarakat Sumatera Utara yang akan terhubung," tambahnya.

Dindin menambahkan, potensi wisata dan perdagangan di daerah-daerah yang sebelumnya sulit dijangkau kini dapat tereksplorasi lebih optimal. Sehingga, memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat.

"Kehadiran kedua ruas tol tersebut dapat memangkas waktu tempuh pengendara serta mempermudah aksesibilitas barang, sehingga meningkatkan efisiensi logistik," tuturnya.