Bagikan:

JAKARTA - Phintraco Sekuritas dalam risetnya memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini, Senin 8 Juli. IHSG diperkirakan bergerak pada rentang resistance 7.250, pivot 7.200, dan support 7.140.

"Pergerakan IHSG didorong oleh euforia dari Amerika Serikat (AS). Akan tetapi, waspadai potensi pullback di tengah sampai dengan akhir pekan ini. IHSG diperkirakan bergerak dalam rentang 7.250-7.140 di pekan ini," tulis Phintraco Sekuritas dalam risetnya.

Menurut Phintraco Sekuritas, Nasdaq kembali memimpin penguatan indeks-indeks Wall Street di perdagangan Jumat 5 Juli. Pasar nampaknya justru merespon positif pelemahan data ketenagakerjaan terbaru di AS. U.S. Unemployment Rate naik ke 4.1% di Juni 2024 dari 4% di Mei 2024. Kondisi ini bersamaan dengan kondisi U.S. Initial Jobbless Claims yang relatif tinggi di Juni 2024.

"Data tersebut meningkatkan peluang pemangkasan suku bunga acuan the Fed secara signifikan ke 72 persen di September 2024 (CME FedWatch Tools)," papar Phintraco Sekuritas.

Dari Eropa, lanjut Phintraco Sekuritas, partai oposisi, Labor Party mencatatkan kemenangan telak dalam pemilu tersebut. Kemenangan ini merupakan yang pertama kali dalam 14 tahun terakhir. Kondisi ini memicu ekspektasi terhadap potensi perubahan signifikan pada arah kebijakan Pemerintah Inggris kedepan.

Phintraco Sekuritas memaparkan, peluang pemangkasan suku bunga acuan the Fed dan peningkatan uncertainty risk di Eropa berpotensi mendorong berlanjutnya penguatan nilai tukar Rupiah seiring dengan mulai berbaliknya capital flow ke pasar modal Indonesia dalam sepekan terakhir.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan, selain saham bank, perlu juga diperhatikan saham-saham seperti INCO, MEDC, AMRT, ICBP, TLKM dan EXCL.